Memasak sambil Main HP sangat Berbahaya - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Memasak sambil Main HP sangat Berbahaya

Memasak sambil Main HP sangat Berbahaya

Memasak sambil Main HP sangat Berbahaya

harisehat.com |Kebiasaan kita -khususnya ibu-ibu muda- di zaman modern dalam mengurus pekerjaan rumah suka sambil main HP di sela-selanya. Baik itu sedang chating, nonton youtube, main medsos, atau selancar-lancar di lautan dunia maya.

Di sela-sela aktivitas sambil main HP, tentu bukan kejahatan, bukan juga sesuatu yang tabu. Anggaplah itu sebagai pelipur lelah atau sebentuk jeda semata. Namun, ada salah satu aktivitas di rumah yang sangat berbahaya jika sambil main HP. Apa itu? Saat sedang memasak. Kenapa?

Secara medis, mernasak makanan yang terlalu lama, termasuk memanaskan daging atau sayuran, dapat menyebabkan oksidasi serta merusak vitamin yang tidak tahan panas. Bukan hanya itu, vitamin B kompleks, vitamin C, dan beberapa mineral yang larut dalam air juga ukan rusak. 

Cara memasak yang baik adalah tidak terlalu lama. Lebih dianjurkan untuk mengukus makanan sebentar saja. Beberapa vitamin seperti B6 dapat rusak oleh sinar radiasi microwave. Pada kenyataannya banyak bahan makanan yang sejatinya kaya gizi dan protein, tetapi karena cara memasak yang terlalu lama membuat gizi dan protein dalam bahan makanan tersebut lenyap.


Nah, bagaimana jika saat masak, di sela-selanya sambil main HP, kemudian larut dan lupa jika sedang masak karena dari saking asyiknya? Itulah bahayanya. Apa yang dimasak akan hilang gizi, vitamin, dan proteinnya. Lebih bahaya lagi, kalau masakan sampai gosong, kompor meledak, atau terjadi kebakaran. 

Intinya, hindari sebisa mungkin, memasak sambil main HP demi kesehatan keluarga dan keamanan rumah tangga. Jangan sampai sampai ada berita dengan tajuk:


"Sebuah Rumah Terbakar karena Memasak sambil Main HP"

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact