Seks Tabu Dibicarakan, Tetapi Boleh Dipelajari - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Seks Tabu Dibicarakan, Tetapi Boleh Dipelajari

Seks Tabu Dibicarakan, Tetapi Boleh Dipelajari



harisehat.com | Sebagian orang menganggap bahwa s3ks itu tabu untuk dibicarakan, tetapi boleh kok dipelajari. 'Membicarakan' s3ks dengan 'mempelajari' s3ks merupakan dua hal yang berbeda. Membicarakan identik dengan sekadar ngobrol seputar s3ks tanpa arah yang jelas, sehingga tidak mengandung manfaat apapun. Sementara itu, mempelajari berkaitan erat dengan mendapatkan atau berbagi informasi seputar s3ks yang benar dan bermanfaat.


Itulah kenapa di dunia, termasuk di Indonesia -walau masih minim- ada istilah "sex education" atau pendidikan s3ks. Bahkan di sejumlah negara, pendidikan s3ks ini sudah diajarkan pada anak usia dini. Apa itu pendidikan s3ks?

Pendidikan s3ks (sex education) merupakan informasi seputar s3ks yang benar dan sehat terkait aktivitas pribadi manusia. Pendidikan s3ks mempelajari mengenai organ vital seperti kelamin, reproduksi secara biologi, menstruasi, mimpi basah, hormon s3ksual dalam tubuh, hubungan s3ks yang benar, kontrasepsi, penyakit terkait s3ks, proses kehamilan, sampai kelahiran bayi.

Selain itu, hal yang paling penting dari pendidikan s3ks adalah orang-orang khususnya anak usia dini mengerti: (1) Kapan atau usia berapa mereka boleh melakukan hubungan s3ks; (2) Kapan atau usia berapa mereka aman untuk hamil dan melahir; (3) Dengan siapa mereka boleh melakukan s3ks. Jadi, tujuan inti mempelajari s3ks adalah untuk menghindari bahaya s3ks, seperti s3ks bebas, penyakit s3ks, dan s3ks komersial. 


Kenapa demikian? Karena banyak orang -khususnya remaja- mengalami kecelakaan s3ks, seperti hamil muda di luar nikah, kena penyakit HIV, dan sebagainya- karena mereka tidak tahu seputar s3ks yang benar. Mereka -anak-anak- kadang menganggap hubungan s3ks itu serupa main kuda-kudaan atau putak umpet tanpa tahu ada bahaya di belakangnya.

Pendidikan s3ks bukan hanya tugas orang tua dan guru di sekolah, tetapi tugas kita semua sebagai masyarakat Indonesia. Apa tugasnya? Mengajarkan s3ks yang benar kepada mereka -tentu saja- dengan cara yang benar pula.

Pendidikan s3ks ini sejalan dengan perintah agama. itulah kenapa hampir di semua kita suci agama, khusus Islam dan Kristen ada firman Tuhan terkait masalah s3ks. Hal ini menunjukkan bahwa mempelajari s3ks -bukan sekadar membicarakan- itu sangat penting bagi kita dalam menjalani kehidupan. 

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact