3 Hak Seksual Manusia - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

3 Hak Seksual Manusia

3 Hak Seksual Manusia

3 Hak Seksual Manusia


Hak s3ksual adalah salah satu dari hak asasi manusia yang sangat penting dan pemenuhannya tidak dapat diabaikan sedikit pun. Setiap manusia--tanpa membeda-bedakan dalam hal apapun, termasuk identitas s3ksual, identitas gender, dan orientasi s3ksual--berhak mendapatkan pemenuhan hak s3ksualnya tanpa diskriminasi. Negara dan masyarakat berkewajiban membantu terpenuhinya hak s3ksual tersebut serta mempromosikan prinsip non-diskriminasi, prinsip non-kekerasan, dan prinsip kesetaraan bagi semua orang.


Dalam instrumen Hak Asasi Manusia (HAM) internasional dinyatakan bahwa pemenuhan hak s3ksual manusia didasarkan pada tujuh prinsip utama, yaitu prinsip hak s3ksual sebagai hak asasi manusia; prinsip perlindungan demi tumbuh kembang anak-anak; prinsip non-diskriminasi; prinsip kenikmatan dan kenyamanan; prinsip kebebasan yang bertanggungjawab; prinsip penghargaan dan kebebasan manusia; dan prinsip pemenuhan hak.

Secara lebih rinci, prinsip-prinsip hak s3ksual tersebut dapat dielaborasi sebagai berikut:

1. Hak atas kenikmatan s3ksual laki-laki dan perempuan, terbebas dari kekerasan dan pemaksaan, tanpa kekuatiran akan infeksi Risalah Islam untuk Pemenuhan Hak-hak S3ksualitasRisalah Islam untuk Pemenuhan Hak-hak S3ksualitas penyakit, kehamilan yang tak diinginkan atau kerusakan tubuh.

2. Hak atas ekspresi s3ksual dan hak untuk membuat keputusan s3ksual yang konsisten dengan nilai-nilai personal, etika, dan sosialnya.

3. Hak atas perawatan, informasi, pendidikan, dan pelayanan kesehatan s3ksual. Hak atas integritas tubuh dan hak untuk memilih, kapan, bagaimana, dan dengan siapa untuk menjadi aktif secara s3ksual dan terlibat dalam hubungan s3ksual dengan kesadaran penuh. Hak untuk memasuki suatu relasi, termasuk relasi perkawinan dengan kesadaran bebas dan sempurna sebagai orang dewasa dan tanpa pemaksaan. Hak atas privasi dan kerahasiaan dalam mencari pelayanan perawatan kesehatan reproduksi dan s3ksual. Hak untuk mengekspesikan s3ksualitas tanpa diskriminasi dan kemerdekaan dalam reproduksi.

Dalam implementasinya di masyarakat, upaya pemenuhan hak s3ksual manusia berjalan seiring dengan pemenuhan hak dan kesehatan reproduksi. Setiap orang pada prinsipnya memiliki hak untuk menikmati s3ksualnya. Akan tetapi, pemenuhan hak s3ksual tersebut harus mengindahkan sejumlah aturan agar tidak menimbulkan kerugian dan kesengsaraan dalam hidupnya kelak. Misalnya, seseorang mesti tahu dan sadar apakah dirinya atau pasangannya mengidap penyakit kelamin yang dapat menularkan atau membahayakan orang lain atau pasangannya. Seseorang mesti mendapatkan informasi yang cukup tentang bahaya kehamilan yang tidak diinginkan dan bagaimana mencegah kehamilan seperti itu. Demikian juga informasi tentang bahaya penggunaan obat-obatan dan berbagai alat bantu pemuas s3ksual.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact