8 Pola Hidup Manusia Modern yang Berbahaya bagi Kesehatan (1) - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

8 Pola Hidup Manusia Modern yang Berbahaya bagi Kesehatan (1)

8 Pola Hidup Manusia Modern yang Berbahaya bagi Kesehatan (1)

8 Pola Hidup Manusia Modern yang Berbahaya bagi Kesehatan (2)

Di zaman posmodernitas ini tidak sedikit orang yang terjangkit sindrom modernitas. Mereka menganggap segala hal yang tidak sesuai dengan life style modern dianggap kuno dan terbelakang, termasuk tren hidup kembali ke alam (back to nature), yaitu hidup dengan pola konsumsi makanan dari buah dan sayuran segar.


Padahal jika kita jujur, ada banyak sampah-sampah atau racun peradaban posmodernitas gaya hidup modern yang justru mempercepat kematian manusia modern dengan adanya berbagai macam penyakit modern. 

Coba kita renungkan pola hidup modern dewasa ini yang tidak menguntungkan pada kesehatan sama sekali, seperti:

1. Miras (Minuman Keras)
Dewasa ini tidak sedikit yang kecanduan pada miras alias minuman keras. Minuman beralkohol dapat merusak hati dan pankreas, padahal kedua organ tersebut sangat penting untuk pencernaan dan metabolisme tubuh. Miras juga dapat merusak saluran usus dan memengaruhi penyerapan zat-zat gizi, seperti vitamin B kompleks, vitamin A,
dan vitamin C serta bisa menyehabkan gejala-gejala kurang gizi. Alkohol memengaruhi penyediaan, penyerapan, dan metabolisme zat-zat gizi. Apabila tubuh sudah miskin gizi, maka tubuh bakal menjadi surganya penyakit. 

2. Merokok
Merokok, apalagi sampai berlebihan atau kecanduan, dapat mengganggu kesehatan tubuh karena pada perokok kebutuhan vitamin C akan meningkat. Paling sedikit kebutuhan vitamin C pada pecandu rokok adalah 30 persen lebih banyak daripada orang yang tidak merokok.

Vitamin C yang terdapat pada makanan bukan nabati yang dikonsumsi perokok akan teroksidasi dengan cepat. Apalagi jika perokok tidak menyukai buah atau sayuran, niscaya bakal lebih cepat lagi teroksidasi. Jika demikian adanya, hidup si
perokok pasti akan kian jauh dari sehat. Karena vitamin C sangat penting untuk
menjaga kekebalan tubuh. Sedangkan rokok bisa menggerus daya guna vitamin C
dalam tubuh. 

3. Kopi dan Teh
Kebiasaan meminum kopi dan teh yang terlalu panas atau mengonsumsi makanan yang menyebahkan iritasi seperti kopi, teh, atau acar serta rempah-rempah yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan pada saluran pencernaan. Akibat selanjutnya akan terjadi penurunan dalam pengambilan cairan pencernaan dan pemisahan vitamin maupun mineral dari makanan. Kopi, teh, dan berbagai jenis makanan yang menyebabkan iritasi sangat tidak menguntungkan bagi kesehatan tubuh.

4. Obat Pencahar
Sebab ada masalah dengan BAB, manusia modern lebih memilih menelan obat pencahar daripada mengkonsumsi banyak buah dan sayuran tinggi serat. Padahal, dia tahu bahwa obat pencahar akan menyingkatkan waktu transit makanan di usus. Penggunaan obat pencahar yang berlebihan akan menghasilkan penyerapan vitamin dan mineral makanan menjadi kurang baik. Lebih daripada itu, obat pencahar yang digunakan secara berlebihan dapat mengakibatkan hilangnya mineral, seperti kalium, natrium, dan magnesium dalam jumlah besar.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact