Bahaya Makan tidak Teratur dan Cara Mengatasinya - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Bahaya Makan tidak Teratur dan Cara Mengatasinya

Bahaya Makan tidak Teratur dan Cara Mengatasinya

Bahaya Makan tidak Teratur dan Cara Mengatasinya - seksehat.id

Para ahli kesehatan, biologi, dan kimia menuturkan bahwa sumber utama penyakit adalah akibat makan tidak teratur. Seseorang yang pola makannya tidak teratur, lebih-lebih tidak memerhatikan makanan yang dimakan, itulah “surga” penyakit. Kenapa? Karena setiap orang membutuhkan kalori dan nutrisi secara kontinu untuk menjaga ketahanan tubuh yang bersumber dari makanan.


Makan tidak teratur menyebabkan tubuh “miskin” kalori. Makanan yang kaya gizi adalah makanan yang mengandung banyak vitamin dan enzim. Makanan kaya vitamin hanya bisa diperoleh dengan mengonsumsi tumbuh-tumbuhan berwarna hijau maupun kuning sesuai kebutuhan yang lazim. Makin banyak jumlah sayuran yang dikonsumsi, maka semakin banyak pula faedahnya bagi tubuh.

Sudah banyak artikel yang menyebutkan bahwa makan tidak teratur bisa menyebabkan sejumlah penyakit, di antaranya hormon eror, glukosa fluktuatif, gangguan pencernaan, kram perut, kenaikan berat badan, cepat lelah dan lesu, diabetes, kolestrol berlebih, bad mood, tidak bergairah dalam s3ks, dan makan jadi kesetanan.

Bagaimana agar terhindar dari bahaya tersebut? Ya, makanlah yang teratur. Ada dua cara yang bisa kita coba agar makan jadi teratur:

1. Mulailah dari Kesadaran

Tanamkan kesadaran dalam diri bahwa makan teratur itu penting karena berpengaruh terhadap kesehatan. Kesehatan itu berharga. Nah, pada sikon tertentu saat kita ingin menunda makan siang misalnya karena kerjaan belum beres. Aktifkan tombol kesadaran tersebut bahwa: 
“saya tak bisa kerja jika sakit dan saya kerja -salah satunya- untuk cari makan”
Jadi, makan teratur itu lebih penting dari kerja yang tidak teratur.

2. BIasakan Kebiasaan

Selain dimulai dari kesadaran, juga dibiasakan dari kebiasaan. Biasakanlah berhenti dari apa saja saat sudah waktunya tiba untuk makan. Makan hanya butuh waktu sebentar bukan? Tidak selama kerja atau ngobrol. KIta biasanya sukar bisa kalau belum biasa. Dengan cara begitu, kita akan biasa untuk makan teratur demi menjaga kesehatan.

Selamat mencoba ya, ingatlah selalu:
"Kita hidup bukan untuk makan, tetapi makan untuk hidup!"

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact