Cara Kerja Antivirus dalam Tubuh Kita - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Cara Kerja Antivirus dalam Tubuh Kita

Cara Kerja Antivirus dalam Tubuh Kita

Cara Kerja Antivirus dalam Tubuh Kita

Cara Kerja Antivirus dalam Tubuh Kita

HARISEHAT.COM | Pada dasarnya, Tuhan menciptakan tubuh manusia dengan sangat canggih dan modern. Ibarat komputer, tubuh sudah punya Antivirus alami yang tertanam dalam tubuh tanpa perlu kita instal lagi. Antivirus yang selalu aktif tanpa perlu registrasi. Ketika ada virus menyerang tubuh kita, maka dengan sendirinya, Antivirus tersebut menangkalnya dengan segera. Baik virus tersebut langsung terpental, atau masih menempel di tubuh kita. Namun Antivirus tersebut akan terus bekerja sampai virus itu terbuang. Itulah keajaiban tubuh kita sebagai manusia. 



Pertanyaannya sekarang, bagaimana Antivirus itu bekerja dalam tubuh kita? Pada umumnya, semua proses pembersihan tersebut di atas berlangsung tanpa kita sadari. Akan tetapi, akan ada saat-saat tertentu di mana tubuh harus mengeluarkan kuman dan kotoran yang berhasil masuk ke dalam tubuh kita, misalnya melalui hidung dengan cara paksa. Cara kerjanya dengan dua cara:


1. Dinding rongga hidung akan mengirim berita ke otak bahwa sejumlah kotoran sedang dalam perjalanan menuju paru-paru sehingga harus diusir dengan segera. Kemudian, otak akan memerintahkan tubuh untuk mengusir keluar seluruh udara yang ada dalam paru-paru dengan cara bersin. Oleh karena kecilnya lubang hidung, udara yang keluar sewaktu bersin bisa mencapai kecepatan 950 kilometer per jam. 

2. Dinding rongga hidung akan membengkak karena jumlah darah yang mengalir ke hidung akan meningkat. Ini diperlukan agar lebih banyak serdadu tubuh yang dapat dikirimkan ke sana untuk memerangi kuman yang telah datang menyerang. Produksi lendir pun akan ditingkatkan untuk "menghanyutkan" kuman tersebut. Pada saat itu hidung akan memerah, mulai agak tersumbat, dan lendir yang sekarang kita sebut ingus akan mengalir terus-menerus.



Di samping cara kerjanya yang begitu hebat, keajaiban lain yang dimiliki hidung adalah ukurannya yang begitu kecil. Seluruh fungsi dilaksanakan oleh sebuah air-conditioner mini yang panjangnya hanya sekitar 10 sentimeter saja. Akan tetapi air-conditioner mini yang ajaib ini mengolah 15.000 liter udara setiap hari. Hebat, bukan?

Rujukan:
Keajaiban-Keajaiban dalam Tubuh Manusia, 2005, Dr. Albert M. Hutapea, MPH.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact