Gigi adalah Harga Diri - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Gigi adalah Harga Diri

Gigi adalah Harga Diri

Gigi adalah harga Diri

Gigi adalah Harga Diri

HARISEHAT.COM | Pernahkah kita membayangkan andai kita tidak punya gigi? Duh rasanya akan gimana ya. Namun tenang, kita hidup telah dibekali gigi pada tubuh kita. Dari bayangan tersebut, kita tahu, betapa gigi itu penting adanya. Tanpa gigi, kita akan sukar untuk mengunyah makanan yang kita santap. 



Dari saking pentingnya gigi, banyak orang yang sudah kehilangan gigi, harus memasang gigi palsu dengan harga yang mahal. Kenapa? Karena gigi tidak hanya berfungsi sebagai pengunyah, tetapi juga menjadi simbol harga diri seseorang. Orang yang tidak punya gigi, atau tanggal giginya walau hanya satu akan mengurangi rasa percaya diri.


Dengan begitu banyak masalah yang timbul hanya pada gigi sehingga sekarang ini, ilmu kedokteran gigi pun memiliki bidang keahlian khusus atau spesialisasi. Beberapa spesialisasi dalam bidang kedokteran gigi yang cukup dikenal antara lain:



1. Ortodontia. 
Spesialisasi dalam meluruskan gigi agar semua gigi dapat bertemu dengan gigi pasangannya dengan pas pada waktu menggigit atau mengunyah.
2. Pedodontia. 
Spesialisasi dalam menanggulangi masalah yang timbul pada gigi anak.
3. Periodontia. 
Spesialisasi yang menitikberatkan pada pemeliharaan dan perawatan jaringan pendukung gigi termasuk di dalamnya jaringan gusi, periodontal, dan sebagainya. 
4. Endodontia.
Spesialisasi dalam mengobati bagian pulpa gigi jika pembusukan gigi telah menjalar ke pulpa. Termasuk di dalamnya terapi saluran akar yaitu proses "menghidupkan" kembali gigi yang telanjur mati.
5. Bedah Rahang. 
Spesialisasi pembedahan pada jaringan-jaringan rahang, antara lain celah bibir.



Luar biasa, bukan? Walaupun demikian sederhana fungsinya, gigi memerlukan perawatan yang telaten dan pengobatan yang terspesialisasi. Perawatan dan pengobatan tersebut tentu tidaklah murah. Walaupun sekarang di Indonesia belum banyak dokter gigi dengan predikat spesialis, di masa mendatang jumlah ini akan meningkat sebagaimana semakin meningkatnya dokter spesialis. Akan tetapi, walaupun segala macam jenis pengobatan gigi telah tersedia, pencegahan adalah lebih baik daripada pengobatan bukan? Ayolah mulai sekarang, perhatikan gigimu. Bagaimana pun, gigi adalah harga diri sebagai bagian dari kecantikan dan ketampanan kita.


Rujukan:
Keajaiban-Keajaiban dalam Tubuh Manusia, 2005, Dr. Albert M. Hutapea, MPH.)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact