Kesehatan dan Vegetarian dalam Agama Hindu - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Kesehatan dan Vegetarian dalam Agama Hindu

Kesehatan dan Vegetarian dalam Agama Hindu


Ada pernyataan bahwa menjadi vegetarian itu lebih sehat dibanding nonvegetarian. Namun pernyataan tersebut tidak selamanya benar. Lantas bagaimana pandangan agama Hindu tentang vegetarian?


Dr. Zakir Abdul Karim Naik dalam Jawaban dari Berbagai Pertanyaan Mengenai Islam menulis bahwa ada banyak umat Hindu yang menjadi vegetarian. Mereka merasa bahwa mengkonsumsi makanan nonvegetarian itu melanggar hukum agamanya. Tapi kenyataannya, bahkan dalam kitab suci agama Hindu, mengkonsumsi daging diperbolehkan. Kitab suci tersebut menyebutkan beberapa orang bijak dan orang suci mengkonsumsi makanan non-vegetarian.

Disebutkan dalam Manu Smruti -kitab hukum dalam agama Hindu yang berisi khotbah atau ajaran suci yang diberikan oleh Manu- di bab ke -5 bait ke-30: "Mereka yang memakan daging tidaklah melakukan tindak kejahatan apapun meski mereka memakan daging setiap hari, sebab Tuhan sendiri menciptakan mereka untuk dimakan dan menciptakan yang lainnya untuk memakan".

Di bait selanjutnya, ke 31, dinyatakan bahwa "Memakan daging diperbolehkan untuk persembahan, yang secara tradisional dikenal sebagai aturan dewa-dewa". Selanjutnya di Manu Smruti bab 5 bait 39 dan 40, dinyatakan bahwa "Tuhan sendiri menciptakan hewan kurban untuk persembahan/ pengorbanan... sehingga, membunuh untuk persembahan bukanlah pembunuhan".

Meskipun kitab hukum suci agama Hindu mengijinkan pengikutnya untuk mengkonsumsi makanan nonvegetarian, banyak umat Hindu mengadopsi sistem vegetarian karena mereka dipengaruhi oleh agama-agama lain seperti Jainism.

Jadi, kesimpulannya adalah walau banyak orang Hindu menjadi vegetarian, sebenarnya Kitab Hukum Suci mereka tidak melarangnya jika ada orang Hindu yang menjadi nonvegetarian. Kenapa? Karena pada makanan vegetarian dan nonvegetarian sama-sama punya kelebihan dan kekurangan terkait kesehatan. Intinya tinggal pada keputusan masing-masing dan sesuai kebutuhan hidup dalam makanan.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact