Lidah: Cermin Ajaib Kesehatan Tubuh KIta - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Lidah: Cermin Ajaib Kesehatan Tubuh KIta

Lidah: Cermin Ajaib Kesehatan Tubuh KIta

Lidah: Cermin Ajaib Kesehatan Tubuh KIta

Lidah: Cermin Ajaib Kesehatan Tubuh KIta

HARISEHAT.COM | Memang benar ‘lidah tidak bertulang’. Namun tahukah Anda bila lidah adalah alat tubuh yang dapat mencerminkan kesehatan fisik pemiliknya? Kelainan pada warna lidah dapat menunjukkan adanya kelainan dalam tubuh. Sejenis penyakit anemia dapat membuat warna lidah menjadi merah dan lembut dan penyakit kuning dapat membuatnya menjadi kuning. Selain itu, penyakit pellagra dapat mengubah warnanya menjadi sangat merah, dan jamur tertentu dapat membuatnya menjadi hitam.



Kekurangan unsur seng (zincum) dalam tubuh dapat menimbulkan suatu kelainan pada indra pengecap lidah yang disebut disgeusia. Kelainan ini ditandai rusaknya fungsi pengecapan lidah sehingga cita rasa makanan akan berubah total misalnya, rasa permen akan terasa asin, rasa ikan sarden akan berubah menjadi manis, dan sebagainya. Kelainan ini akan kembali normal jika suplai unsur tersebut ditambahkan ke dalam tubuh.



Kelainan lain yang dapat tımbul pada lidah adalah hipogeusia. Penderita kelainan ini akan membuatnya kurang peka terhadap cita rasa makanan sehingga setiap makanan yang dicicipinya akan terasa agak hambar. Misalnya, sepotong daging akan terasa seperti sepotong karet dan apel manis akan terasa seperti kentang mentah. Jika penyakit ini parah, kemampuan untuk mencicipi dapat benar-benar hilang.

Ada beberapa zat yang dapat mengganggu daya kerja lidah dalam mencicipi makanan. Misalnya, jeruk atau buah asam lainnya akan terasa pahit jika dimakan tidak lama setelah menggosok gigi, ini disebabkan pasta gigi mengandung sodium lauril sulfat (SLS) yang mengakibatkan rasa asam terasa pahit dan rasa manis menjadi kurang manis. 



Di samping SLS, ada juga yang dapat mengubah cita rasa. Pada tahun 1847 di India ditemukan sebuah tanaman yang dapat membuat seseorang tidak bisa mencicipi rasa manis setelah mengunyah daunnya. Nama ilmiah tanaman tersebut adalah Gymnema sylvestre. Sekitar seratus tahun kemudian ditemukan juga sebuah tanaman di Afrika barat yang dapat mengubah daya kerja indra pengecap. Setelah memakan buahnya, buah yang asam seperti buah jeruk lemon akan terasa manis.


Rujukan:
Keajaiban-Keajaiban dalam Tubuh Manusia, 2005, Dr. Albert M. Hutapea, MPH.)


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact