Terapi Alami Pelega Hidung Tersumbat - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Terapi Alami Pelega Hidung Tersumbat

Terapi Alami Pelega Hidung Tersumbat

Terapi Alami Pelega Hidung Tersumbat


Terapi Alami Pelega Hidung Tersumbat

Sebagai salah satu organ yang terbuka ke lingkungan luar, hidung bisa mengalami berbagai masalah. Kuman penyebab penyakit sifilis dan TBC dapat menyebar ke hidung lalu menyerang tulang rawannya sehingga merusak bentuk asli hidung tersebut.


Pada permukaan rongga hidung dapat juga timbul daging tumbuh lembut yang disebut polip. Hal ini dapat disebabkan seringnya terjadi infeksi serta alergi hidung. Ukuran polip ini bisa bervariasi, mulai dari sebesar butir jagung sampai sebesar buah anggur.

Pada dasarnya polip bukan sesuatu yang bersifat fatal. Akan tetapi, polip yang berukuran besar dapat menyumbat hidung, menekan saraf, lalu menyebabkan rasa sakit pada hidung dan pada kepala. Tersumbatnya hidung oleh polip akan menimbulkan kesulitan bernapas serta menumpulkan indra penciuman. Polip hidung dapat dibuang hanya dengan cara operasi.

Sebagai bentuk pencegahan terjadinya polip, kita bisa menjaga kebersihan hidung dan rutin melakukan pengembusan untuk melegakannya. Namun ingat, melegakan hidung tersumbat dengan cara pengembusan yang salah dapat menimbulkan masalah ekstrem yang lain, seperti robeknya gendang telinga, atau tersemprotnya kuman-kuman penyakit yang berasal dari hidung ke telinga tengah atau ke rongga sinus sehingga menimbulkan infeksi. 

Untuk mencegah timbulnya masalah ini, seseorang perlu melakukan pengembusan hidung dengan cara yang benar. Seorang dokter spesialis THT memberikan petunjuk berikut ini mengenai cara pengembusan yang tepat bagi hidung yang tersumbat:

  1. Jangan embuskan hidung dengan paksa.
  2. Embuskan kedua lubang hidung secara bergantian. Pada waktu mengembus melalui lubang hidung
  3. yang satu, tutup lubang hidung lainnya dengan menekannya pelan-pelan.
  4. Jangan biarkan ingus menumpuk di dalam hidung. Karena itu, embuslah hidung dengan lebih sering.
  5. Oleskan sedikit petroleum jelly ke lubang hidung jika terasa perih dan nyeri.

Selain pengembusan, hal lain yang sering digunakan untuk membuka hidung tersumbat adalah obat pelega hidung yang disebut dekongestan. Hampir semua jenis obat ini mengandung sekelompok zat yang disebut simpatomimetik yang dapat melegakan hidung tersumbat dengan memperkecil pembuluh darah. Kadang-kadang rasa lega yang ditimbulkan obat ini hanya bertahan sebentar, sehingga si penderita harus menggunakan obat itu lagi sampai beberapa kali.

Penggunaan obat pelega hidung secara berlebihan dapat menimbulkan masalah tersendiri yaitu yang disebut rinitis medika-mentosa, yaitu radang hidung yang diakibatkan oleh obat itu sendiri. Kemudian, radang itu sendiri selanjutnya akan menimbulkan penyumbatan baru. Kerusakan yang ditimbulkan oleh obat pelega hidung bisa bersifat permanen. Karena obat pelega hidung ini dapat menimbulkan komplikasi baru, sekelompok dokter ahli THT kurang menganjurkan penggunaan obat tersebut untuk menanggulangi hidung tersumbat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact