Usia Ideal dan Sehat untuk Menikah - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Usia Ideal dan Sehat untuk Menikah

Usia Ideal dan Sehat untuk Menikah

Pernikahan Usia Muda


Usia Ideal dan Sehat untuk Menikah

Menurut United Nations Development Economic and Social Affairs (UNDESA, 2010), Indonesia termasuk negara ke-37 dengan persentase pernikahan usia muda tertinggi, dan tercatat sebagai tertinggi kedua di ASEAN setelah Kamboja. 


Pada tahun 2010, ada 158 negara yang melegalkan usia minimal perempuan bisa menikah, yakni 18 tahun ke atas. Namun di Indonesia batas usia minimal untuk menikah sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, yakni Pasal 7 ayat 1:


(1) Perkawinan hanya diizinkan jika pihak pria sudah mencapai umur 19 (sembilan belas) tahun dan pihak wanita sudah mencapai umur 16 (enam belas) tahun.

Berikut: Syarat-Syarat Perkawinan menurut Undang-Undang No. 1 Tahun 1974.

Kemudian pada tanggal 13 Desember 2018, Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonan Uji Materi perbedaan batasan umur antara pria (19 tahun) dan wanita (16 tahun) yang dianggap diksriminatif dan -menurut pemohon (Endang Wasrinah, Rasminah dan Maryati)- bertentangan dengan UUD 1945 yang menyebutkan: semua warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya, pada Pasal 27 ayat 1.

MK menetapkan dan memerintahkan kepada DPR untuk merevisi undang-undang tersebut menjadi sama batasan usia minimal pria dan wanita boleh menikah, yakni 19 tahun.

Namun meski demikian, masih banyak di tengah-tengah masyarakat  -entah tahu atau tidak undang-undang tersebut- yang mempraktikkan nikah di bawah umur atau usia muda. Pernikahan usia muda di bawah batasan usia tersebut sangat berisiko karena belum cukupnya kesiapan dari aspek kesehatan fisik, mental emosional, s3ksual, pendidikan, sosial ekonomi, dan reproduksi. 

Pendewasaan usia perkawinan juga berkaitan dengan pengendalian kelahiran karena lamanya masa subur perempuan terkait dengan banyaknya anak yang akan dilahirkan.

Usia Nikah Ideal dan Sehat

Terlepas dari fakta dan hukum yang ada, berapa sih sebenarnya usia pernikahan pertama yang ideal bagi pria dan wanita?

Menurut survei SDKI, tahun 1991-2012, usia ideal pernikahan pertama bagi perempuan menurut 37% responden (remaja perempuan) adalah usia 24-25 tahun, sedangkan menurut 33% responden (remaja laki-laki) adalah usia 20-21 tahun. Sementara itu, usia ideal pernikahan pertama bagi laki-laki menurut sebagian 49% responden (remaja laki-laki) maupun 41% responden (remaja perempuan) adalah usia 24-25 tahun. 

Lantas bagaimana menurut kesehatan?

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional RI merilis bahwa usia ideal untuk menikah berdasarkan ilmu kesehatan adalah 20-25 bagi wanita, dan 25-30 bagi pria. Kenapa? Karena di rentang usia tersebut merupakan masa yang sudah siap dan matang untuk segala sesuatunya guna memulai sebuah pernikahan.

Dengan demikian, pernikahan, bukan sekadar kesenangan hubungan s3ksual semata. Namun ada banyak faktor yang harus dipersiapkan dan dipertimbangkan untuk menuju pernikahan.

So, jangan buru-buru ya, semua akan menikah pada waktunya.


Bahan Bacaan

“Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja,”  InfoDATIN: Pusat Data dan Informasi, Kementerian Kesehatan RI

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact