Usia Rata-Rata Remaja Mulai Pacaran dan Melakukan Seks Pranikah - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Usia Rata-Rata Remaja Mulai Pacaran dan Melakukan Seks Pranikah

Usia Rata-Rata Remaja Mulai Pacaran dan Melakukan Seks Pranikah

Pengertian Remaja
Usia Rata-Rata Remaja Mulai Berpacaran dan Melakukan Seks Pranika


Ada perbedaan untuk menentukan rentang usia seseorang dikatakan remaja. Menurut WHO (2014), remaja adalah penduduk dalam rentang usia 10-19 tahun, menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 25 tahun 2014, remaja adalah penduduk dalam rentang usia 10-18 tahun dan menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) rentang usia remaja adalah 10-24 tahun dan belum menikah. 

Jumlah kelompok usia 10-19 tahun di Indonesia menurut Sensus Penduduk 2010 sebanyak 43,5 juta atau sekitar 18% dari jumlah penduduk. Di dunia diperkirakan kelompok remaja berjumlah 1,2 milyar atau 18% dari jumlah penduduk dunia.

Masa remaja merupakan periode terjadinya pertumbuhan dan perkembangan yang pesat baik secara fisik, psikologis maupun intelektual. Sifat khas remaja mempunyai rasa keingintahuan yang besar, menyukai petualangan dan tantangan serta cenderung berani menanggung risiko atas perbuatannya tanpa didahului oleh pertimbangan yang matang. 

Apabila keputusan yang diambil dalam menghadapi konflik tidak tepat, mereka akan jatuh ke dalam perilaku berisiko dan mungkin harus menanggung akibat jangka pendek dan jangka panjang dalam berbagai masalah kesehatan fisik dan psiko-sosial. 


Sifat dan perilaku berisiko semacam itu, memerlukan ketersediaan pelayanan kesehatan yang dapat memenuhi kebutuhan kesehatan remaja termasuk pelayanan untuk kesehatan reproduksi yang harus disediakan oleh pemerintah. Kesehatan reproduksi adalah keadaan sehat secara fisik, mental, dan sosial secara utuh, tidak semata-mata bebas dari penyakit atau kecacatan yang berkaitan dengan sistem, fungsi, dan proses reproduksi. 

Ruang lingkup pelayanan kesehatan reproduksi menurut International Conference Population and Development (ICPD) tahun 1994 di Kairo, termasuk pencegahan dan penanganan infeksi menular s3ksual seperti HIV/AIDS, kesehatan reproduksi remaja, pencegahan dan penanganan komplikasi aborsi, pencegahan dan penanganan infertilitas, serta kesehatan reproduksi lainnya seperti kekerasan s3ksual, dan sunat perempuan.

Usia Rata-Rata Mulai Berpacaran

Berdasarkan data Survei Demografi dan Kesehatan terutama Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) tahun 2012 yang mewawancarai remaja usia 15-24 tahun dan belum menikah menemukan bahwa:

  • Remaja usia 15-19 tahun, berpacaran pertama kali pada usia 15-17 tahun. 
  • Sekitar 33,3% perempuan dan 34,5% Iaki-laki sudah mulai berpacaran sebelum mereka berusia 15 tahun. 


Pada usia tersebut, mereka belum memiliki pengetahuan dan keterampilan hidup yang memadai, sehingga mereka berisiko memiliki perilaku pacaran yang tidak sehat, misalnya melakukan hubungan s3ks pra nikah.

S3ks Pranikah Remaja

S3ks aktif pranikah pada remaja berisiko terhadap kehamilan remaja dan penularan penyakit menular s3ksual. Kehamilan yang tidak direncanakan pada remaja perempuan dapat berlanjut pada aborsi dan pernikahan usia dini karena paksaan. Keduanya akan berdampak pada masa depan, janin yang dikandung, dan anggota keluarganya.

Secara umum, remaja laki-laki lebih banyak mengaku menyatakan pernah melakukan s3ks pranikah dibandingkan perempuan. Dari survei yang sama ditemukan alasan kenapa melakukan hubungan s3ks pranikah sebagai berikut:

  • Sekitar 57,5% pria, alasan berhubungan s3ksual pranikah sebagian besar alasannya karena penasaran atau ingin tahu
  • Sekitar 38% perempuan, terjadi begitu secara alami dan biologis.
  • Sekitar 12,6% perempuan, karena dipaksa oleh pria pasangannya. 
Hal ini mencerminkan kurangnya pemahaman remaja tentang keterampilan hidup sehat, risiko hubungan s3ksual dan kemampuan untuk menolak hubungan yang tidak mereka inginkan.


Sumber: “Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja,”  InfoDATIN: Pusat Data dan Informasi, Kementerian Kesehatan RI


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact