Jangan Takut pada Virus Corona (Covid 19) - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Jangan Takut pada Virus Corona (Covid 19)

Jangan Takut pada Virus Corona (Covid 19)

Jangan Takut pada Virus Corona (Covid 19)


HARISEHAT.COM ~ Pertama, jangan takut membaca artikel ini sampai akhir:


Penyakit yang ditimbulkan oleh adanya virus Corona atau Covid 19 sampai sekarang belum ditemukan obatnya. Memang beredar di dunia maya, jika obat sejenis Remdesivir bisa digunakan, tapi itu belum terbukti akurasinya.

Penularan virus Corona ini tergolong yang sangat cepat jika dibandingkan dengan virus-virus yang lain. Kita sulit untuk menghindari kontak dengan orang lain, sehingga besar sekali kemungkinan kita tertular virus ini.  Bahkan kita tidak harus kontak dengan orang yang terkena virus Corona, menyentuh benda benda di sekitar kita yang ternyata di situ masih ada jejak virus Corona dari pasien tersebut bisa menyebabkan kita tertular.  Baik yang berasal dari liur atau bersin seseorang yang sudah terkena virus Corona.

Coba bayangkan kalau virus ini menular dengan cepat, tapi belum ada obatnya? Sedih. Kita seperti tidak berdaya menghadapinya. Lantas, apa yang bisa kita lakukan sekarang selain menunggu? Ada.
Sekarang yang harus kita lakukan hanyalah mengandalkan kekebalan tubuh kita sendiri untuk melawannya.


Kekebalan tubuh atau yang disebut imunitas itu ada dua jenis, yaitu kekebalan tubuh pasif dan kekebalan tubuh aktif. Kekebalan pasif itu artinya kekebalan yang kita peroleh dari luar tubuh dengan cara vaksinasi. Artinya butuh proses menginjeksikan vaksin ke tubuh kita untuk menangkal jenis virus tertentu.

Sebagai contoh, kalau kita tidak ingin kena flu burung saat melakukan perjalanan ke luar negeri, maka sebelum berangkat kita bisa melakukan vaksinasi obat flu burung tersebut. Apa vaksin untuk virus Corona? Belum ada. Jadi, kekebalan pasif ini tidak bisa menangkal virus Corona.

Jenis kekebalan yang kedua yaitu kekebalan aktif. Nah ini adalah jenis kekebalan yang bisa kita andalkan untuk melawan virus Corona. Kekebalan aktif artinya kita membiarkan tubuh kita bekerja membuat antibodi atau penangkal terhadap virus Corona ini.

Akan tetapi yang perlu kita tahu dan ingat, antibodi ini baru bisa dibuat oleh tubuh secara alami kalau kita sudah terpapar dengan virus Corona. Artinya, kita butuh terinfeksi dulu virus Corona, baru kemudian tubuh akan berusaha membuat antibodinya sendiri. Proses ini pun butuh waktu.

Kita pun butuh mendukung tubuh agar sanggup membuat antibodi secara cepat dan tepat dengan cara makan makanan yang bergizi dan menjalani hidup sehat. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Hindari makanan instan. 

Selanjutnya, pola hidup sehat juga perlu diperhatikan. Jangan suka bergadang, minum alkohol, merokok, dan lainnya. Rutinkan olahraga dan memakai masker. Apabila kita tidak mendukung tubuh dengan dua cara di atas, antibodi yang diproduksi tubuh akan lambat dan lemah dalam mengantisipasi virus yang masuk ke dalam tubuh, termasuk virus Corona.


Selebihnya adalah berdoa dan berserah pasrah kepada Tuhan adalah yang terpenting. Jangan sampai,. ketakutan kita kepada virus ciptaan-Nya mengalahkan rasa takut kita kepada Tuhan. Yakinlah bahwa semua penyakit bisa disembuhkan, bahkan kalau pun belum ditemukan obatnya. Tuhan itu Maha Bisa!

Selain itu, kita juga tidak perlu takut berlebihan terhadap virus berama Corona ini. Ketahuilah bahwa dibandingkan risiko kematian yang disebabkan virus SARS, Corona relatif lebih kecil risiko kematiannya.

Para ahli menyampaikan bahwa orang dengan usia 50 tahun ke bawah, rasionya 0,1 persen berisiko kematian jika kena virus Corona. Bagaimana dengan usia di atas 50 tahun? Data WHO terbaru, 50 persen pasien virus Corona sembuh dengan sendirinya. Tentu saja dengan cara mengandalkan imunitas aktif di atas dengan dukungan kita sendiri secara aktif. Bila virus Corona masuk ke dalam tubuh, butuh 14 hari untuk diketahui, tubuh kita terinfeksi atau tidak. Empat belas hari itulah, semoga tubuh mampu memproduksi antibodi yang kuat dan mengalahkan virus Corona.

Yakinlah, obat penyakit virus Corona memang belum ditemukan, tetapi Tuhan yang menciptakan tubuh kita sudah menyediakan obat atau penangkal untuk segala jenis penyakit yang masuk ke dalam tubuh kita. Sekali lagi, jangan takut pada virus Corona. Sungguh, Tuhan itu Maha Besar dibandingkan virus kecil ciptaan-Nya!

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact