Enam Cara Sehat Merawat Diri bagi Wanita - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Enam Cara Sehat Merawat Diri bagi Wanita

Enam Cara Sehat Merawat Diri bagi Wanita

Enam Cara Sehat Merawat Diri bagi Wanita



HARISEHAT.COM ~ Kita semua tahu, mencegah adalah lebih baik dari pada mengobati. Selain caranya lebih mudah dan aman, biayanya pun tidak terlampau tinggi. Yang diperlukan hanyalah kedisiplinan diri. Siapa tahu dengan rajin merawat tubuh, penyakit pun enggan muncul. Berikut enam tips sederhana merawat diri agar sehat selalu:

1. Mengganti Celana Dalam secara Teratur 

Seorang wanita minimal harus mengganti celana dalamnya sebanyak dua kali sehari. Maksudnya, agar kotoran-kotoran serta keringat yang menempel pada celana dalamnya tidak masuk ke vagina. Perlu diperhatikan juga, agar jangan menggunakan celana dalam yang terlalu ketat. Hal ini dapat menghambat sirkulasi udara yang mempengaruhi kelembaban vagina. Keadaan vagina yang terlalu lembab dapat mengakibatkan timbulnya infeksi, jamur dan keputihan. Untuk menjaga kelembaban ini pun disarankan agar seorang wanita selalu menggunakan celana dalam yang terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat. 

2. Hindari penggunaan Celana Panjang yang Ketat 

Jeans atau celana panjang dengan potongan ketat kini memang sedang in, terutama di kalangan remaja. Banyak wanita atau remaja putri yang gemar menggunakan celana model ini, namun perlu juga diketahui bahwa penggunaan celana panjang yang terlampau ketat dapat berpengaruh pada kondisi alat reproduksi. Sama halnya dengan celana dalam, celana panjang dengan model ketat dapat menghambat sirkulasi udara yang akan masuk ke dalam alat kelamin, di mana hal ini dapat mempermudah timbulnya jamur atau keputihan. 

3. Membersihkan Vagina dengan Baik

Cara membersihkan alat kelamin yang baik adalah dengan mencucinya secara teratur, menggunakan air bersih dan sabun yang lembut. Jangan gunakan pembilas vagina secara berlebihan, pakai secukupnya saja. 

Para wanita juga sebaiknya jangan melakukan douche atau pembersihan saluran vagina, karena sebenarnya vagina telah dilengkapi oleh sistem pembersih alami. Sistem pembersih yang berupa cairan khusus ini berfungsi sebagai cairan yang melindungi vagina dari berbagai kotoran serta infeksi. Apabila kita membersihkan saluran vagina, ini malah akan menguras cairan pelindung dan pembersih alamiah tersebut. Dan, resiko terkena infeksi vagina pun dapat muncul dengan mudah. 

4. Membersihkan Alat Kelamin 

Setiap habis buang air kecil ataupun buang air besar, bersihkan selalu alat kelamin dan anus dengan menggunakan air bersih atau kertas pembersih (tissue). Khusus untuk kebersihan setelah buang air besar, arah gerakan tangan ketika membersihkan adalah dari depan ke belakang (dari daerah vagina ke arah anus). Kalau terbalik, yakni dari belakang ke depan, bisa jadi kuman atau cacing yang berasal dari sisa kotoran (faeses) yang keluar dari anus akan menyerbu ujung saluran kencing atau vagina. 

5. Gunakan Pembalut saat Haid

Pada saat haid, seorang wanita harus menjaga kebersihan vagina dengan baik dan teratur pula. Dikarenakan, pada masa haid pembuluh darah dalam rahim sangat mudah terkena infeksi dan dimasuki oleh kuman atau bibit penyakit. 

Gunakanlah pembalut untuk menjaga agar darah haid tidak mengotori celana dalam dan pakaian, di samping menggantinya secara teratur 4-5 kali sehari, setelah mandi dan buang air kecil. Jika pembalut yang digunakan adalah pembalut sekali pakai, sebaiknya sebelum dibuang ke tempat sampah, pembalut tersebut dibersihkan terlebih dahulu. Tapi, apabila pembalut yang digunakan terbuat dari kain, rendamlah pembalut dengan air sabun pada tempat tertutup sebelum dicuci dan dikeringkan. Itulah beberapa cara yang dapat dipakai untuk merawat sekaligus memelihara organ reproduksi wanita. 

6. Merapihkan Rambut Kelamin 

Setiap wanita dianjurkan pula untuk mencukur atau merapikan rambut kemaluannya. Ini bertujuan untuk menghindari tumbuhnya sejenis jamur atau kutu yang dapat menimbulkan rasa gatal atau tidak nyaman pada alat kelamin.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact