Kenali Empat Stadium Kanker Payudara - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Kenali Empat Stadium Kanker Payudara

Kenali Empat Stadium Kanker Payudara

Kenali Empat Stadium Kanker Payudara



HARISEHAT.COM ~ Walau ganas dan datang tanpa permisi, kian hari tingkat kematian akibat kanker payudara mulai semakin bisa dikurangi. Kesadaran para wanita untuk memeriksakan payudara mereka adalah salah satu penyebab utamanya. Tetapi bagaimana jika ternyata kanker ganas ini telah bersemayam dalam tubuh Anda? 

Mengingat perkembangannya sangat cepat (dari stadium 1 hingga seseorang meninggal hanya memerlukan waktu kurang dari 5 tahun), maka Anda harus rela untuk melalui serangkaian tes, menjalani rangkaian pemeriksaan dan perawatan yang super intensif. 
Semua ini dilakukan agar perkembangan sel liar kanker dapat diketahui tingkat penyebarannya atau biasa disebut 'stadium'. 

Jika Anda ingin tahu secara detil tentang stadium dan aneka ragam istilah perawatan medis yang harus dilalui oleh penderita kanker payudara, berikut catatannya: 

  • Stadium 1 Pada stadium ini, benjolan kanker tak lebih dari 2 cm dan tidak dapat terdeteksi dari luar. Perawatan yang sangat sistematis akan diberikan pada kanker stadium ini, tujuannya adalah agar sel kanker tidak dapat menyebar dan tidak berlanjut pada stadium selanjutnya. Pada stadium ini, kemungkinan sembuh total pada pasien adalah 70%.
  • Stadium 2 Pada stadium ini, kemungkinan sembuh penderita adalah 30-40 % tergantung dari luasnya penyebaran sel kanker. Biasanya besarnya benjolan kanker sudah lebih dari 2 bahkan bisa sampai 5 cm dan tingkat penyebarannya pun sudah sampai daerah ketiak. Atau bisa juga ukuran kanker sudah mencapai 5 cm tapi belum menyebar ke manamana. Biasanya dilakukan operasi untuk mengangkat selsel kanker yang ada pada seluruh bagian penyebaran, dan setelah itu dilakukan penyinaran untuk memastikan tidak ada lagi sel-sel kanker yang tertinggal. 
  • Stadium 3A Menurut data dari Depkes, 87% kanker payudara ditemukan pada stadium ini. Benjolan kanker sudah berukuran lebih dari 5 cm dan sudah menyebar ke kelenjar limfa.
  • Stadium 3B Kanker sudah menyebar ke seluruh bagian payudara, bahkan mencapai kulit, dinding dada, tulang rusuk dan otot dada. Selain itu juga penyebarannya juga sudah menyerang secara tuntas kalenjar limfa. Jika sudah demikian tidak ada alternatif lain selain pengankatan payudara. 
  • Stadium 4 Sel-sel kanker sudah merembet menyerang bagian tubuh lainnya, biasanya tulang, paruparu, hati atau otak. Atau bisa juga menyerang kulit, kelenjar limfa yang ada di dalam batang leher. Sama seperti stadium 3, tindakan yang harus dilakukan adalah pengangkatan payudara.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact