Kenali Gangguan Hormon Wanita dan Cara Mengatasinya - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Kenali Gangguan Hormon Wanita dan Cara Mengatasinya

Kenali Gangguan Hormon Wanita dan Cara Mengatasinya

Kenali Gangguan Hormon Wanita dan Cara Mengatasinya



HARISEHAT.COM ~ Suatu hari badan Linda terasa lesu, dagunya berjerawat dan tiba-tiba saja dia ingin menangis saat mendengarkan lagu The Memory of Trees' nya Enya. "Ini pasti gara-gara hormon!", ucap Linda sadar dan geram. 

Andapun pasti pernah mengalami apa yang dirasakan Linda. Saat tubuh mengalami perubahan emosional karena PMS, hormonlah yang menjadi terdakwa' utama. Lama kelamaan, daftar kesalahan hormon pun jadi semakin panjang. Setiap kali ada perubahan di setiap jengkal tubuh Anda (rambut rontok, stres atau kegemukan) hormon langsung di 'vonis'menjadi penyebabnya! Benarkah 'perilaku' hormon sejahat itu? Dalam dunia kesehatan, hormon diibaratkan sebagai kekuatan tak terlihat' yang berpengaruh luar biasa pada tubuh. 

Dalam kondisi seimbang (normal), hormon adalah 'pemain utama di belakang layar' yang berjasa mempengaruhi seluruh aspek kesehatan pada tubuh Anda. Tugasnya amat mulia, selain berfungsi sebagai penyesuai di saat tubuh mengalami perubahan, hormon juga bertugas membawa pesan kimiawi kepada kelenjar endoktrin supaya bekerja dengan baik. Tapi, ketika keseimbangan tubuh mulai terganggu maka kinerja hormon pun juga akan ikut terganggu. 

Nah, kalau sudah begini hormon akan menjadi momok yang sangat menyebalkan. Ingin tahu lebih lanjut apa saja gangguannya dan bagaimana cara mengatasinya? baca terus catatan berikut: 

A. Jerawat nakal datang 

Kemunculan bintik-bintik pengganggu ini terjadi karena produksi estrogen dalam tubuh mulai berkurang. Biasanya terjadi pada masa pramenstruasi, wanita pasca melahirkan dan pasca, monopouse. Pada kasus umum, pencegahan dan pengobatannya adalah selain harus menjaga pola makan, jerawat biasanya diatasi dengan pemberian pil yang mengandung estrogen. Atau pemberian obat jerawat yang mengandung salicyclic acid atau benzoil peroxide. Untuk masalah jerawat jangan cobacoba menjadi ahlinya! Semuanya pengobatan harus melalui petunjuk dokter. 

B. Stres sepanjang hari dan gelisah 

Penyebab pertama, hormon andrenalin dalam tubuh Anda sedang 'tertidur' sehingga memudahkan hormon cortisol untuk bergabung dan mengacaukan adaptasi fisik terhadap serbuan stres. Jika kondisi ini dibiarkan maka akan terjadi gangguan pencernaan sampai sakit jantung! Penyebab kedua, berlebihnya kinerja kelenjar thyroid sehingga memicu proses metabolisme tubuh. Gejalanya yang menandakan adalah gemetaran, badan berkeringat, diare dan mens tidak teratur. Kondisi terparah disebut graves desease, berciri melototnya bola mata penderita. Untuk mengatasi kegelisahan lakukan saja terapi sederhana, caranya: Ambil nafas panjang dan lakukan meditasi pelepas stres. Sedangkan kelebihan hormon thyroid atasi dengan pengobatan dokter, konsumsi makanan dengan gizi yang cukup, kurangi kafein, perbanyak vitamin A dan B komplek serta mineral. 

C. Mood yang 'naik turun' dan kacau 

Ini merupakan gejala utama dari ketidak seimbangan hormon reproduksi. Fungsi hormon progesteron mengalami kekacauan sehingga tidak menekan jumlah mampu hormon estrogen. Gejala ini paling banyak menyerang wanita pasca melahirkan. Para dokter menganjurkan untuk menata kembali pola diet serta mengkonsumsi suplemen kesehatan. 

D. Kehilangan gairah bercinta 

Libido merupakan gabungan dari pikiran, jantung dan hormon. Jika libido bermasalah, faktor hormonlah yang hanya bisa dibantu pemulihannya dengan melalui pengobatan. Yaitu dengan cara pemberian dosis hormon estrogen dan hormon testosteron secara tepat. Gangguan seksual lainnya juga disebabkan karena konsumsi pil kontrasepsi yang tidak cocok, sehingga mengurangi produksi hormon estradiol. Pengobatan yang bisa Anda lakukan adalah, cari penyebab turunnya libido seperti faktor kelelahan atau depresi. Jika penyebabnya adalah pil kontrasepsi, cobalah alat kontrasepsi non hormoral nA seperti spiral atau bujuk pasangan agar mau menggunakan kondom. 

E. Mata sulit terpejam 

Ada banyak gangguan penyebab terjadinya sulit tidur, antara lain berlebihnya pro duksi hormon thyroid atau andrenalin dan terganggunya fungsi kelenjar pineal sehingga mempengaruhi melatonin yang dihasilkan (hormon pengatur siklus tubuh). Yang bisa Anda lakukan adalah meminta pengobatan dokter karena penyebab sulit tidur Anda dikarenakan oleh gangguan hormon.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact