Lima Hal yang Menyebabkan Nyeri Haid - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Lima Hal yang Menyebabkan Nyeri Haid

Lima Hal yang Menyebabkan Nyeri Haid

Lima Hal yang Menyebabkan Nyeri Haid


HARISEHAT.COM ~ Pasti setiap wanita akan mengalami menstruasi. Haid atau menstruasi adalah fase di mana lapisan endometrium (lapisan terluar dari rahim), bila pada saat ovulasi tidak ada pembuahan dan penempelan yang kemudian lapisan itu dilepaskan dan keluar lewat jalan lahir. Haid yang dialami wanita kadang teratur waktunya dan kuantitasnya tapi kadang sebaliknya. 

Hal ini tidak bisa diramalkan kelancarannya karena berhubungan dengan organ dalam tubuh wanita. Tapi jika haid berhenti sama sekali dan itu belum waktunya (menopause) dan tidak diketahui alasannya, sebaiknya periksakan ke dokter karena itu merupakan suatu gejala yang tidak beres. 

Berhentinya haid secara tiba-tiba yang tidak diketahui sebabnya, kemungkinan disebabkan oleh Amenore, yaitu adanya gangguan stress, depresi serta kecemasan. Bisa juga karena diet keras, dan juga akibat obatobatan. Haid yang tidak teratur bisa juga mengakibatkan risiko yang paling buruk yaitu kanker rahim. Segeralah periksakan diri Anda ke dokter, jika Anda merasa ada sesuatu yang tidak beres dengan sirkulasi haid Anda. 

Haid yang datangnya terlambat biasa disebut dengan dysmenorrhea. Ada juga para wanita jika haid itu datang akan merasakan kejangkejang disertai mabuk, sakit kepala, sakit punggung dan diare. Maka itu lebih baik segeralah ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Haid memang kodrat setiap wanita. Tapi ketika mengalaminya, banyak wanita yang tidak bisa menerima resikonya. Karena haid merupakan proses alami sebagai akibat tidak adanya proses pembuahan dalam rahim memiliki rasa sakit yang sangat menyiksa dan tiada tara. 

Sebenarnya penyakit ini bisa dicegah kalau terlebih dahulu mengkonsumsi makanan yang dapat mengurangi rasa sakitnya. Sebagai alternatif dari obat, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung mineral seperti daging ginjal, kacang kedelai, serta sayuran dengan daun-daunan hijau. 

Cobalah juga untuk membatasi mengkonsumsi garam di kala haid untuk menghindari timbulnya perasaan kenyang serta membengkaknya bagian tubuh. Akan lebih baik kalau banyak minum air untuk mencegah penggumpalan cairan dan melancarkan peredaran saluran darah. 

Selain itu, kadang pada saat haid, banyak wanita yang tidak dapat menahan emosinya, konsumsi karbohidrat agar terjaga tingkat gula dalam darah untuk menstabilkan emosi Anda. Teratur tidaknya siklus haid tergantung pada 3 hal, yaitu keseimbangan hormonal yang utuh, kesehatan jasmani yang optimal, dan kondisi emosi yang stabil. Jika salah satu faktor itu terganggu maka, haid juga akan terganggu. 

Haid yang tidak teratur dianggap normal jika terjadi pada usia remaja (pertama haid). Pada masa ini ketidakteraturan haid tidak perlu diobati. Hal ini mungkin akan terjadi selama 35 tahun sejak pertama haid. Haid yang terhenti selama beberapa bulan karena pengaruh kadar hormon estrogen dalam darah. Estrogen bertanggung jawab pada tumbuh dan menebalnya endometrium (lapisan rongga rahim). Bila suatu saat estrogen dalam darah menurun maka akan terjadi pengelupasan endometrium. 

Hormon yang berperan disini adalah progesteron. Beberapa hal yang dapat menyebabkan nyeri haid : 

  1. Adanya kelainan pada organ reproduksi. Misalnya letak abnormal rahim yang menyebabkan bila kontraksi terasa sangat sakit. 
  2. Tanpa kelainan anatomi, bisa disebabkan karena faktor hormonal, psikis, atau penyakit yang kronis. Hal ini menyebabkan ambang nyeri lebih rendah dan kan terasa nyeri sekali. Tips Mengatasinya : 
  3. Minum aspirin atau obat pencegah produksi prostalandin, orgasme di mana rahim akan mengerut. 
  4. Berolahraga ringan secara teratur. Maka sebaiknya wanita yang mengeluarkan banyak darah memakan banyak makanan yang mengandung zat besi seperti anggur, sayur-sayuran hijau, buah-buahan, daundaunan, serta kacang-kacanggan. Minum air putih yang banyak.
  5. Selagi haid, hindari sesuatu yang dingin, seperti es. Karena dapat membuat aliran darah menjadi tidak normal.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact