Manfaat Ngemil Bagi Kesehatan - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Manfaat Ngemil Bagi Kesehatan

Manfaat Ngemil Bagi Kesehatan

Manfaat Ngemil Bagi Kesehatan


HARISEHAT.COM ~ After office hour, di sudut sebuah cafĂ©, Rini terpaku melihat sahabatnya Nessi dengan enaknya menyantap sepotong cake tiramissu, padahal sebentar lagi mereka akan makan malam dengan klien. 

"Kamu nggak takut gendut Ness...? Masak kamu ngemil sebelum makan malam !" 
“Nggak tuh!" Nessi menjawab dengan tersenyum. 

Banyak orang terutama kaum perempuan berpikir bahwa ngemil itu identik dengan 'bikin gemuk', sehingga sebisa mungkin mereka menghindarinya. Padahal ngemil ini punya sisi positif yang baik dan sehat juga lho! 

Berikut ini, Anda kami ajak untuk tahu kegunaan' ngemil untuk kesehatan beserta kiat tepatnya agar terhindar dari kegendutan;

1. Menjaga kestabilan kadar gula dan darah. 

Empat jam setelah makan utama, jumlah gula yang beredar dalam darah biasanya mulai menipis, dan hati tidak mampu lagi memasok gula darah karena stok karbohidrat yang bisa diubah menjadi gula darah sudah terkuras habis. Pada saat itulah timbul rasa lapar dan bila didiamkan saja maka kadar gula darah makin merosot sehingga pikiran sulit berkosentrasi, gelisah, mudah tersinggung dan parahnya bisa tak sadarkan diri. 

Pada saat inilah kita harus ngemil untuk mempertahankan kestabilan kadar gula dan darah, agar semangat kerja pulih kembali. Terutama bila belum saatnya untuk makan berat lagi. Sumber gizi yang baik Cemilan seperti yoghurt, selembar keju dan sereal merupakan sumber tambahan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, terutama untuk perempuan yang rentan terhadap penyakit osteoporosis. Milkshake rendah lemak dan cokelat panas juga sangat berguna karena mengandung zat besi. 

2. Membersihkan kotoran kolestrol. 

Tak ada salahnya menikmati sebatang coklat setiap hari karena lemak kokoa dalam coklat ternyata tidak mengandung kolestrol jahat LDL (lowdensity lipoprotein), tetapi mengandung kolestrol baik HDL (Highdensity Lipoprotein). HDL ini dapat mengumpulkan kelebihan kolestrol yang lalu lalang di jaringan tubuh untuk diangkut kembali ke hati. Di hati, kolestrol dibongkar menjadi asam empedu dan setelah selesai mencernakan, lemak dikeluarkan tubuh melalui ginjal dan "pintu belakang." 

Masih belum nyaman juga untuk mengemil? Coba intip tips berikut: 

1. Pilih buah-buahan
Selain cukup mengenyangkan dan rendah kalori, cemilan berupa buah segar praktis dalam penyiapkannya bahkan tanpa perlu dikupas. Apel, jambu air, jambu biji, belimbing, melon, pepaya dan mangga adalah jenis buah-buahan yang disarankan untuk dikonsumsi sebagai cemilan. Sementara buah durian, nangka, cempedak dan pisang tidak disarankan karena banyak mengandung kalori. 

2. Curi dari porsi makan
Ngemil sehat bisa 'dicuri' dari jatah makanan harian. Syaratnya, kurangi sebagian porsi makanan utama terutama makanan yang berkalori. 

3. Food Combining
Kebebasan makan snack di sore hari bisa diganti dengan sarapan dan makan siang ala food combining diet. Bangun tidur pagi langsung minum air putih yang ditetesi air jeruk lemon. Makan pagi hanya jus buah segar. Siang hari, buah segar dan jus buah. Makan siang, sayuran dan lauk hewani tanpa nasi dan sumber karbohidrat lain. 

Ingat, Anda baru akan gemuk bila mempunyai kebiasaan ngemil nonstop yang tak terkendali.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact