Mekanisme Kerja Akupunktur - Sim Kie Jie - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Mekanisme Kerja Akupunktur - Sim Kie Jie

Mekanisme Kerja Akupunktur - Sim Kie Jie

Mekanisme Kerja Akupunktur 
Oleh Sim Kie Jie


HARISEHAT.COM ~ Terapi akupunktur pada kenyataannya merupakan mekanisme kerja yang bersifat positif. Sifat positif dari akupunktur yaitu di dalam mengakomodasi berbagai fungsi tubuh, antara lain ialah: 
a. Mengakomodasi Qi dan Xue/ldarah di dalam Jing Luo. 
b. Menguatkan ZhengQi/kekuatan tubuh. 
c. Menyeimbangkan Yin dan Yang, dan 
d. Melancarkan Qi dan Xue/darah. 

Hasil dari pengobatan akupunktur selain ditentukan oleh pemilihan titik-titik akupunktur yang tepat, dan Shou Fa/cara stimulasi, juga berkaitan dengan kondisi pasien (misalnya bawaan, umur, kelamin, psikologi dan lain-lain). 

Di samping itu, hasil pengobatan berhubungan juga dengan waktu mendapatkan pengobatan akupunktur, dan cara terapi lainnya. Berikut beberapa contoh yang dilakukan di klinik, dengan keadaan pasien berbeda dengan mendapatkan terapi akupunktur yang memperoleh efek berbeda pula. 

a. Misalnya pada pasien dengan kondisi dingin bersifat Xu (Si) atau dalam keadaan hampir tidak sadar karena Yang lemah, terapi akupunktur dan moksibusi dapat memberi efek menghilangkan dingin, memulihkan Yang dan mencegah terjadinya pingsan atau koma. 
b. Apabila pasien terserang patogen panas bersifat Shi (Se) atau tidak sadar bersifat Shi(se), maka dengan terapi akupunktur disamping dapat menghilangkan patogen panas tersebut, juga menyadarkan pasien yang tidak sadar bersifat Shi. 
c. Untuk penderita tekanan darah tinggi, akupunktur dapat menurunkan tekanan darahnya, sedangkan rendah, akupunktur dapat menaikkan tekanan darahnya. untuk penderita tekanan darah
d. Pada penderita takhikardia (detakan jantung terlalu cepat), akupunktur dapat memperlambatnya, sedangkan pada brakhikardia (detakan jantung terlalu lambat) akupunktur dapat mempercepatnya. e. Pada penderita nyeri lambung karena kejang, pemberian akupunktur dapat mengendurkan otot dan menghilangkan kejangnya. 
f. Pada penderita posisi lambung menurun karena otot lemah (Prolapsus lambung), sebaliknya akupunktur dapat mengencangkan ototnya, sehingga posisi lambung naik kembali. 

Dari beberapa contoh di atas, dapat disimpulkan bahwa kerja akupunktur adalah memulihkan keseimbangan di dalam tubuh, serta mengakomodasi fungsi organ-organ agar bekerja secara normal.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact