Resep Membuat Parfum Sendiri di Rumah - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Resep Membuat Parfum Sendiri di Rumah

Resep Membuat Parfum Sendiri di Rumah

Resep Membuat Parfum Sendiri di Rumah


HARISEHAT.COM ~ Perlu diketahui bahwa pada umumnya ada enam kategori parfum: 


  1. Bunga-aroma bunga terkesan feminine, manis dan romantis. 
  2. Buah-buahan memberi aroma segar dan semarak. 
  3. Laut-parfum modern menggunakan elemen sintetis yang memberi aroma seperti bau lautan. 
  4. Tanaman hijau daun parfum segar dan energik yang mengingatkan Anda pada aroma area tanaman hijau daun yang sejuk. 
  5. Oriental parfum yang terkesan seksi, eksotik dengan bau-bauan dari minyak kasturi, vanili, rempah dan berbagai aroma kental bungabungaan. 
  6. Kayu parfum yang baunya seperti kulit pohon, lumut atau yang lainnya sejenis itu yang biasa ditemukan di hutan. 


Walau Anda bisa mengenakan parfum apa saja sesuai keinginan Anda, namun memperhatikan acara dan usia akan memberikan nilai lebih. Parfum beraroma buah atau tanaman hijau daun, misalnya, akan lebih cocok buat para remaja yang enerjik. Aroma oriental lebih tepat untuk acara makan malam atau berkencan. Jadi aroma oriental lebih pas dikenakan dengan gaun malam, sedangkan aroma hijau daun atau buah lebih pas untuk pakaian kasual. 

Selain itu untuk cuaca panas, gunakan parfum beraroma sedangkan pada suhu dingin parfum dengan bau yang intens lebih tepat. 

Membuat Parfum di Rumah Sendiri 

Sebenarnya tidak terlalu sulit membuat wewangian sendiri. Entah itu parfum tubuh, untuk dicampurkan dengan air mandi, atau sekadar pengharum ruangan. Bahan-bahannya bisa didapatkan di toko kimia atau supermarket. Yang perlu diperhatikan adalah komposisi antara alkohol sebagai cairan dasar dan minyak esensialnya. 

Untuk parfum, mengandung 15-30 persen minyak esensial, sedangkan untuk pengharum air mandi mengandung 5-10 persen dan cologne 1-2 persen. Bahan yang diperlukan antara lain; 

  • Minyak esensial (misalnya mawar, lavender, atau uk, cendana), 
  • Alkohol, 
  • Pipet 
  • Botol atau wadah lainnya. 


Untuk alkohol, yang paling baik adalah yang memiliki konsentrasi ethyl alkohol 95 persen, namun sulit didapatkan. Umumnya konsentrasinya hanya 60-80 persen. Anda bisa menggunakan vodka dengan kandungan alkohol tertinggi. 

Dalam wewangian dibutuhkan fiksatif, bahan pendukung yang berfungsi mencampurkan bahan dengan sempurna. Bahan fiksatif yang umum dipakai adalah minyak cendana, benzoin, vanili, balsam Peru, minyak biji anggur, minyak jarak, atau cairan dari dalam kapsul vitamin E.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact