Sembilan Tips Merawat Tubuh dengan Ramuan Alami Buatan Sendiri - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Sembilan Tips Merawat Tubuh dengan Ramuan Alami Buatan Sendiri

Sembilan Tips Merawat Tubuh dengan Ramuan Alami Buatan Sendiri

Sembilan Tips Merawat Tubuh dengan Ramuan Alami Buatan Sendiri


HARISEHAT.COM ~ Merawat tubuh dengan bahan-bahan alami tidak harus pergi ke SPA. Ada beberapa bahan yang sudah tersedia di rumah, bisa dimanfaatkan, anda bisa meramunya sendiri. 

Santai di rumah sendiri menikmati dan beragam sensasinya, seperti untuk: 

1. Menghaluskan kulit. 

Siapkan yogurt tawar. Oleskan pada wajah, diamkan 10 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan setiap anda bangung pagi, kulit akan tampak cerah, segar, dan sehat. Yogurt juga dapat digunakan untuk melembutkan tangan. Campur 2 sdm yogurt dan 1 sdm air jeruk lemon. Rendam tangan tersebut, lalu cuci dengan air bersih. 

2. Menghilangkan kerutan pada wajah. 

Kebiasaan buruk, seperti merokok atau terlalu lama terpapar sinar matahari dapat mengundang timbulnya kerut pada wajah. Lumatkan 2 sdt pepaya yang sudah matang. Campur dengan 1 sdm madu. Aduk rata. Oleskan ramuan tersebut pada wajah (hindari area mata) dengan bantuan kuas. Berbaringlah selama 10 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat dan keringkan. Asam yang terkandung dalam pepaya berkhasiat mengelupas kulit dan mengurangi kerut kerut pada wajah. Sedangkan madu mendinginkan kulit. 

3. Menumpas Jerawat. 

Jerawat yang jumlahnya tidak terlalu banyak dapat diobati dengan minyak esensial tea tree. Gunakan cotton buds yang sudah dicelupkan ke dalam minyak tersebut (tanpa harus dilarutkan), lalu totolkan langsung pada jerawat. Lakukan 1-2 kali sehari. Minyak tea tree berkhasiat mengurangi peradangan dan meredam infeksi. Cara lainnya, bisa digunakan pepaya matang. Lumatkan 2 sdt pepaya kemudian campur dengan 1 sdt yogurt tawar. Aduk, rata. Oleskan “masker" tersebut pada wajah dan leher (hindari daerah mata dan bibir). Setelah beberapa menit, bersihkan wajah dengan air hangat. 

4. Mengatasi kulit yang kering dan kasar. 

Kocok sebutir kuning telur, lalu campurkan dengan beberapa tetes air jeruk lemon serta minyak zaitun (secukupnya). Oleskan “masker" tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan. Setelah kering, bersihkan wajah dengan air. Sedangkan untuk melembutkan sikut yang kasar, kurang enak dilihat yaitu dengan cara menyiasatinya, gosok sikut dengan kulit alpukat bagian dalam.Minyak yang banyak terkandung di dalamnya dapat melembabkan kulit yang kasar. Sehingga tampak lebih halus dan mulus. Alpukat merupakan bahan kosmetik alami terbaik. Kaya akan vitamin A, B, C dan E juga asam lenoleat, lesitin dan minyak tumbuhan alami.

5. Memperbaiki rambut rusak. 

Salah satu penyebab rambut rusak adalah penggunaan pengering rambut yang terlalu sering. Siapkan rantang kecil, isi dengan 2 sdm minyak zaitun. Taruh rantang di atas api beerapa saat, lalu angkat. Oleskan minyak tersebut pada rambut yang masih kering. Bungkus kepala dengan handuk hangat. Rileks selama 30 menit. Bilas rambut dengan shampo. Lakukan kegiatan tersebut seminggu sekali. Minyak zaitun dapat melembutkan rambut sehingga membuat rambut rebah dan mudah disisir. 

6. Menghilangkan ketombe. 

Campur jus apel dengan air hangat masing masing 2 sdm (30 ml). Pijatlah kelut kepala dengan lembut menggunakan ramuan tersebut. Diamkan selama 10 menit, lalu cuci rambut dengan air bersih. Lakukan 2-3 kali seminggu.

7. Mengempiskan bengkak pada mata. 

Dengan pola tidur yang kurang baik "bengkak" pada mata. Siapkan 2buah kantung chammomile, rendam dalam air hangat, kemudian angkat. Kompreskan pada mata. Berbaringlah selama 15 menit. Chammomile dapat mengurangi bengkak pada mata. dapat menyisakan.

8. Melembabkan bibir kering. 

Udara panas dapat menyerap bibir dengan beberapa tetes air, kemudian bubuhkan balsam bibir. Siapkan rantang kecil, isi dengan 3 sdt minyak almond dan 1 sdt beeswax. Panaskan rantang di atas api, angkat setelah cair dan aduk sampai rata. Bubuhkan beberapa tetes minyak peppermint. Tempatkan dalam wadah. Minyak almond bekerja sebegai pelembut. Beeswax mengentalkan balsam. UNtuk membuat lip gloss, siapkan 1 sdm petroleum jelly, tempatkan dalam wadah, bubuhkan beberapa tetes minyak kelapa. Aduk dengan punggung sendok sampai rata. Masukkan ke dalam wadah bertutup, gunakan jika diperlukan.

9. Menyiasati kaki sakit. 

Penyebab kaki sakit bisa berasal dari penggunaan sepatu yang salah (ukuran terlalu besar atau terlalu kecil), terlalu lama berdiri atau berjalan. Rendam kaki anda dalam baskom berisi air hangat yang sudah dibubuhi 2 sdm garam Epsom selama 15 menit. Bersihkan kaki, biarkan kering dan pijatlah menggunakan minyak zaitun atau krem khusus kaki yang dapat melembabkan. Khasiat garam Empsom adalah untuk menghilangkan rasa sakit dengan mengurangi bengkak dan peradangan

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact