Tips Merawat Kesehatan Rambut - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Tips Merawat Kesehatan Rambut

Tips Merawat Kesehatan Rambut

Tips Merawat Kesehatan Rambut 


HARISEHAT.COM ~ Makanan sehari-hari yang dikonsumsi oleh kita, dapat berpengaruh pada kesehatan rambut. Karena makanan yang dicerna dan diabsorsi secara optimal oleh usus, memproduksi nutrisi yang akan mengalir ke dalam saluran darah. Kekurangan nutrisi, akan berpengaruh pada rambut, sehingga rambut tidak saja menjadi rontok, tapi juga suram, jarang dan berwarna kemerahan. Tapi rambut sehat tak hanya didukung gizi yang masuk melalui makanan. 

Perilaku terhadap rambut juga mempengaruhi kesehatan mahkota kita sendiri. Misalnya, tidak menyikat rambut terlalu keras, sehingga tidak melemahkan akar rambut yang bisa berakibat rambut mudah rontok. Secara singkat, sejumlah tips perawatan kesehatan rambut melalui makanan dan perilaku dapat diuraikan seperti berikut: 

1. Jagalah kesehatan kulit (seluruh tubuh) agar tidak terkena penyakit kulit atau penyakit sistemik yang mengganggu pertumbuhan rambut. 

2. Perhatikan makanan Anda. Nutrisi yang penting untuk rambut adalah protein, yang berguna untuk membantu merangsang produksi keratin pada rambut. 

3. Gunakan shampoo yang sesuai dengan jenis rambut, tidak menimbulkan efek samping dan tidak terjadi iritasi. 

4. Hindari penggunaan kosmetika rambut secara berlebihan, karena pemakaian bahan kimia yang terlalu banyak dan sering merusak struktur rambut. 

5. Hindari trauma secara fisik (tarikan/ikatan yang keras). Ini akan 'mengkagetkan' akar rambut. Akar rambut pun bisa lemah karenanya, sehingga rambut bisa gampang rontok. 

6. Mengeringkan rambut dengan menggosok-gosok handuk pada rambut dan kulit kepala dapat merusak jalinan kutikula rambut. Sebaiknya, lakukan dengan cara menekan-nekan rambut basah dengan handuk lalu biarkan sampai kering. 

7. Pemijatan yang terlalu keras dan terlalu lama saat creambath, dapat mengganggu dan merusak pembuluh darah di kulit kepala sehingga akan mengganggu nutrisi rambut.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact