Empat Masalah Utama Kesehatan Rambut - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Empat Masalah Utama Kesehatan Rambut

Empat Masalah Utama Kesehatan Rambut

Empat Masalah Utama Kesehatan Rambut

HARISEHAT.COM ~ Sebetulnya semua orang dilahirkan dengan rambut yang sehat. Perbedaannya hanyalah pada tekstur serta ketebalan dan warnanya. Tapi banyak faktor yang membuat tingkat kesehatannya menurun. Alhasil rambut pun tidak lagi terasa lembut dan kilaunyapun hilang. 

Inilah beberapa tanya jawab seputar pemeliharaan rambut: 

1. Bagaimana cara menghindari kerusakan rambut jika saya melakukan proses kimia pada rambut. Proses kimia seperti pewarnaan, pengeritingan, pelurusan memang berpotensi besar untuk mengakibatkan kerusakan pada rambut. Kerusakan yang timbul biasanya adalah kekeringan serta warna rambut yang berubah menjadi kusam. Akan tetapi, sebenarnya hal tersebut sangat mudah untuk dihindari. Kunci utamanya adalah perawatan teratur, terutama perawatan yang bertujuan untuk mengembalikan kelembapan kulit. Untuk itu, jangan lupa untuk menggunakan shampo, kondisioner serta produk rias rambut yang khusus untuk rambut kering/rusak. Jangan lupakan perawatan tambahan seperti menggunakan kondisioner tanpa bilas maupun creambath. Yang takkalah pentingnya adalah menghindari terpaan panas! Terpaan panas ini akan semakin mengeringkan bahkan merapuhkan rambut. Jika memungkinkan hindari perangkat rambut seperti pengering, besi pengikal maupun besi pelurus, dan yang terpenting hindari matahari!! Jika anda enggan mengenakan topi tiap keluar rumah, setidaknya gunakan shampo serta kondisioner yang mengandung tabir surya. 

2. Sesudah mencoba shampo baru, ternyata rambut saya justru terasa kasar. Mengapa? Kemungkinan anda salah memilih shampo. Dalam shampo, seperti halnya pada semua kosmetika terdapat kadar keasaman atau yang disebut dengan Ph. Semakin rendah kadar Ph sebuah shampo tingkat keasamannyapun makin tinggi, dimana hal ini akan mengakibatkan rapatnya pori-pori batang rambut. Hasilnya adalah rambut akan makin nampak mengilap. Shampo yang kadar Ph nya tinggi biasanya memang membuat rambut terasa "kesat" dan agak kasar. Hal ini sesuai untuk rambut yang sangat licin maupun lemas, sehingga dengan menggunakan shampo seperti ini rambut akan bervolume. Shampo seperti ini juga sesuai untuk membersihkan rambut yang sangat kotor, berminyak maupun jika anda sering menggunakan produk rias rambut. 

3. Proses kimiawi apa yang paling merusak rambut? Sebetulnya semua proses kimiawi yang dilakukan terhadap rambut seperti pewarnaan, pelurusan, pengeritingan jika dilakukan dengan benar dan dilanjutkan dengan perawatan yang teratur tidak akan merusak kondisi rambut. Bahkan seiring dengan kemajuan teknologi beberapa proses kimiawi (umpamanya pewarnaan) justru membuat kondisi rambut menjadi lebih baik, yaitu dengan adanya tambahan vitamin serta zat pelembap yang selain melindungi rambut juga sekaligus menyehatkan. Jauh lebih baik bagi rambut jika dalam setahun anda, melakukan 2 kali pengeritingan maupun pelurusan dibanding kan jika anda menggunakan hairdryer dan besi pengikal maupun besi pelurus tiap hari, karena terpaan panas tiap hari dari alat-alat rias rambut itu akan jauh lebih merusak rambut dibandingkan proses kimiawi yang dilakukan 2-3 kali dalam setahun. 

4. Rambut saya normal, tidak pernah melakukan pengeritingan atau pelurusan. Tapi penampilannya kusam. Apa yang menyebab sangat kanya. kemungkinan dari penyebabnya sangat beragam. Hal ini bisa terjadi karena faktor internal seperti penyakit, pola diet, asupan gizi dll. Faktor eksternal yang paling memungkinkan rambut menjadi kusam adalah terpaan panas dan timbunan kotoran serta bahan kimia contohnya kaporit pada air. Untuk mengatasinya, cobalah untuk menjaga kebersihan rambut misalnya dengan menggunakan shampo yang membersihkan secara mendalam (biasa disebut dengan istilah clarifying shampoo), serta menghindari terpaan panas secara langsung. Untuk mengilapkan rambut sevara cepat, gunakan produk rambut misalnya serum yang mengandung silikon, biasanya silikon tersebut disebut dengan dimethicone maupun cyclomethicone. Gunakan secukupnya.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact