Kenali Infeksi Kelamin Nonspesifik - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Kenali Infeksi Kelamin Nonspesifik

Kenali Infeksi Kelamin Nonspesifik

Kenali Infeksi Kelamin Nonspesifik

HARISEHAT.COM ~ Berbeda dengan penyakit kelamin umumnya yang kalau sudah sembuh tak kumat lagi, infeksi kemaluan nonspesifik bisa kambuh, terutama jika tidak diobati. Sebagian besar kasus, tanpa diobati memang bisa menyembuhkan sendiri. Namun dalam beberapa bulan kambuh, bahkan sering disertai komplikasi. Sekalipun pernah diobati, seperlima kasus infeksi kelamin nonspesifik bisa kambuh. 

Untuk mengobatinya tidak cukup lima hari seperti pada infeksi pertama, melainkan sampai tiga minggu minum obat tanpa putus. Selama pengobatan dan belum dinyatakan sembuh, suami dilarang berhubungan intim dengan isteri. 

Komplikasi infeksi kelamin nonspesifik pada pria dapat menjalar ke prostat dan menimbulkan infeksi, selain membuat radang buah zakar dan saluran kemih. Penjalaran infeksi ke buah zakar berakibat terganggunya produksi spermatozoa, sehingga mutu air mani buruk, dan sebaran pada prostat menimbulkan infeksi yang sukar sembuh. 

Sedang menyebarnya infeksi saluran kemih, membuat pancaran urin bercabang akibat dinding pipa saluran kemih kisut sebagian, sehingga tak sebulat buluh lagi. Komplikasi pada wanita bisa menginfeksi kelenjar yang ada di dalam bibir vagina. Bisul kelenjar itu perlu disedot, sebab tak mempan dengan obat. 

Komplikasi pada wanita sering menimbulkan radang saluran telur. Infeksi kelamin nonspesifik pada wanita, celakanya, sering tanpa keluhan maupun gejala. Itu sebabnya tidak mudah mendiagnosisnya. Wanita merasa tidak punya penyakit kelamin, padahal kalau lendirnya diperiksa ternyata punya. Biasanya mereka cuma merasa tidak enak kalau kencing, keluar sedikit lendir, sesekali rasa tidak enak dipanggul, dan mungkin akan merasa nyeri kalau melakukan hubungan seks. 

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact