Keputihan Pria - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Keputihan Pria

Keputihan Pria

Keputihan Pria 

HARISEHAT.COM ~ Tuan Heri, 43 tahun, belakangan sering cemas. Ia memikirkan lendir yang saban pagi keluar dari kemaluannya, dan itu menahannya untuk tidak berhubungan intim dengan istrinya. Dia merasa telah mengalami keputihan. Dokter bilang itu bukan kencing nanah. Sudah diberi obat, tapi lendirnya masih juga membasahi pakaian dalamnya. 

Istri Tuan Heri ternyata juga punya keluhan, yaitu adanya benjolan di bibir kemaluan bagian kanan. Badannya panas, terasa nyeri di kemaluan, dan benjolan yang sudah lebih sebulan muncul itu semakin membesar. Kata dokter, Nyonya Heri kena radang kelenjar vagina bartholinitis. Benjolan sebesar buah duku itu biasanya disebabkan kuman yang ditularkan lewat hubungan seks. Itu juga yang membikin Tuan Heri semakin cemas. 

Dari pemeriksaan diketahui, Tuan Heri mengidap infeksi kelamin nonspesifik. Artinya, bukan karena kuman penyakit kelamin biasa, bukan pula tertular parasit trichomonas vaginalis atau jamur candida albicans, penyebab keputihan yang sering menyerang wanita. Semula Tuan Heri berpikir tak akan tertular penyakit kelamin. Ia merasa tahu cara mencegahnya. Ia selalu minum kapsul amoxilin, golongan antibiotika yang bisa dibeli bebas, setiap kali hendak berhubungan dengan wanita bukan istrinya. 

Bertahun-tahun, ia merasa aman dengan cara itu. Tapi ia lupa kalau ada kuman bukan kencing nanah atau sifilis, yang tidak mempan antibiotika itu. Ada dua jenis organisme penyebab penyakit kelamin nonspesifik, yakni chlamydia trachomatis dan mycoplasma hominis. Keduanya tidak mudah didiagnosis. Selain nyaris tanpa keluhan, gejalanya mirip kencing nanah dan sifilis. Khas penyakit kencing nanah adalah keluar lendir pada pagi hari, yang menetes dari liang kemaluan (morning drip). Lendir kuning kental layaknya nanah itu membekas di celana dalam. 

Pada Tuan Heri, lendirnya agak encer. Ia pertama kali mengalami hal itu setahun lalu, seminggu sehabis selingkuh dengan Nyonya X. Ia merasa tidak enak di ujung kemaluannya, pedih, panas, dan bibir liang penisnya merah. Namun karena hasil pemeriksaan kencing nanah negatif, Tuan Pun merasa plong. 

Dua minggu setelah itu, sudah tidak terasa apa-apa lagi. Dan baru dua bulan lalu gejala seperti itu muncul lagi. Sayangnya, penyakit itu telanjur menulari istrinya sebelum sempat diobati. Tuan Heri kena penyakit kelamin nonspesifik. Setelah diobati tetracycline, penyakit itu sembuh sekitar tiga minggu dan kambuh lagi.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact