Vitamin Apa Saja yang Paling Dibutuhkan Kulit? - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Vitamin Apa Saja yang Paling Dibutuhkan Kulit?

Vitamin Apa Saja yang Paling Dibutuhkan Kulit?

Vitamin Apa Saja yang Paling Dibutuhkan Kulit?


HARISEHAT.COM ~ Manfaat Vitamin Jika anda ingin memiliki kulit kencang tanpa kerut, maka vitamin adalah jawaban yang tepat! Seperti yang telah kita ketahui, vitamin adalah zat yang sangat dibutuhkan tubuh agar semua bagian dari tubuh tetap berfungsi dengan optimal, tentunya termasuk juga kerja dari selsel kulit. 

Untuk mendapatkan asupan vitamin yang cukup, kita bisa mendapatkannya lewat makanan. Alternatif lainnya adalah melalui tambahan suplemen. Untuk kulit, tambahan suplemen ini bisa didapatkan secara oral (diminum) maupun berupa kosmetik yang dapat dioleskan pada permukaan kulit. 

Dua macam cara ini bermanfaat untuk membantu melawan penuaan dini pada kulit. Berikut ini adalah beberapa vitamin yang berguna menjaga kesehatan kulit Anda:

Vitamin A

Fungsi utama vitamin A pada proses penyehatan kulit adalah mendukung perkembangan dan regenerasi sel-sel kulit. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kulit kering dan bersisik. 

Produk-produk Vitamin A merangsang pembelahan sel pada kulit bagian atas dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melindungi kulit. Sebagian besar vitamin A ini dikemas dalam bentuk vitamin yang siap pakai dan pelembap kulit dengan pelindung Ultraviolet bagi kulit yang kering. Bahan ini kini kerap dijumpai pada produk-produk perawatan kulit karena manfaatnya untuk meluruhkan kulit mati, sehingga sesuai untuk kulit yang berkerut (lapisan kulit atas luruh hingga yang nampak adalah kulit lapisan bawah yang lebih segar), dan juga kulit berjerawat (kandungan asamnya membuka sumbatan yang ada pada pori-pori kulit). 

Vitamin B
Fungsinya untuk menjaga kelembaban dan meregenerasikan kulit Zat Panthenol ang dihasilkan dari vitamin B adalah satu-satunya zat dari vitamin yang dapat dioleskan pada bagian luar kulit, dan dapat diserap sampai lapisan kulit bagian dalam. Manfaatnya adalah menjaga keseimbangan dan sekaligus menjaga kelembapan, sehingga efeknya menyeimbangkan dan menjaga kelembaban kulit. Karena sifatnya yang lembut dan mampu memperbarui jaringan sel kulit, juga efeknya yang ringan di sinar matahari, maka tidaklah mengherankan jika vitamin ini sering dikemas dalam produk-produk perawatan kulit harian maupun malam hari (Day cream dan Night cream).

Vitamin C
Manfaat utamanya adalah mengurangi kerusakan sel dan menguatkan jaringan kolagen. Sel-sel tubuh kita, termasuk juga sel-sel kulit tiap hari "digempur" oleh zat-pemsak yang bernama radikal bebas, yang mana zat perusak oleh banyak hal seperti sinar ultar violet dari matahari, polusi, bahkan juga stress yang dialami oleh tubuh kita sendiri. Untuk melawan zat radikal bebas tesebutlah kita membutuhkan vitamin C. Vitamin C berfungsi sebagai penangkap zat-zat radikal tersebut (disebut dengan istilah antloksidan) dan melindungi sel-sel kulit dan tubuh. 

Selain itu vitamin C juga dapat menggerakkan aktivitas sel kulit, dan memantu pembetukan jaringan kolegen 9 jaringan yang membuat kulit elastis) serta membantu proses penyembuhan. Vitamin ini biasanya dikemas dalam kapsul kecil, atau dicampur dengan emulsi yang lain, atau dicampur dengan emulsi yang lain, karena sifat dari vitamin ini yang rapuh dan mudah terurai. 

Vitamin E

Berfungsi sebagai penangkap Zat Radikal atau antioksi dan Pelindung Kulit Kekurangan vitamin ini membuat kulit nampak berkerut. Fungsi dari vitamin E ini sama seperti vitamin C, yaitu sebagai penangkap zat radikal, memperbaiki penuaan dini pada kulit serta memperbaiki kelembabannya. Kelebihan lainnya adalah vitamin E ini juga memelihara, bahkan meningkatkan tingkat kekenyalan/ elastitas pada kulit. Ini berarti dengan vitamin E kulit dapat bertahan untuk nampak lebih kecang dan tidak mudah berkerut. 

Vitamin ini juga mengurangi infeksi karenanya vitamin E ini sangat baik untuk kulit yang sensitif, contohnya sensitif pada sengatan matahari. Pada produk-produk pelindung kulit / tabir surya, vitamin ini digunakan sebagai penghalang melawan afek efek luar yang dapat menyebabkan kekeringan pada kulit.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact