Delapan Tips Menghaluskan Kaki - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Delapan Tips Menghaluskan Kaki

Delapan Tips Menghaluskan Kaki

Delapan Tips Menghaluskan Kaki



HARISEHAT.COM ~ Punya kaki yang halus dan lembut adalah dambaan setiap wanita. Ada pribahasa: Untuk melihat kebersihan tubuh seorang wanita, maka lihatlah kakinya. Nah, berikut delapan tips menghaluskan kaki yang bisa Anda coba:

1. Merendam kaki Awali dengan merendam kaki di air hangat yang dicampur dengan sabuk lunak. Gosok antara jari kaki dan juga kuku-kuku kaki, lalu bilas sampai bersih. Jika suka, Anda bisa melakukan perawatan tambahan untuk menghaluskan kulit kaki, yaitu dengan merendam kaki di air hangat yang dicampur dengan beberapa tetes minyak esensial sandalwood (minyak kayu cendana). Rendam selama sepuluh menit, bilas dan keringkan. 

2. Menghilangkan kulit kasar Biasanya bagian kulit dan telapak kaki lebih kasar dibanding bagian lainnya, gosok kulit kasar terşebut dengan batu apung. Kemudian olesi dengan krim pelembab. Untuk mencegah kulit kasar ini timbul kembali, gunakan krim pelembab tiap kali Anda selesai mandi atau mencuci kaki. 

3. Gunting kuku Sekarang rapikan kuku Anda! Gunting kuku sekaligus membentuknya. Jangan menggunting kuku terlalu pendek, juga jangan menggunting kulitkulit seputar kuku. Selain tidak akan rapi, hal ini juga akan mengundang infeksi. Untuk memisahkan kulit dan kuku gunakanlah penjepit khusus. Berhati-hatilah ketika menarik kulit tersebut agar tidak timbul luka. Rapikan pula kutikula (kulit bantalan kuku yang berhuruf U). Sekali lagi jangan mengguntingnya! Dorong kutikula perahan-lahan dengan tongkat khusus (bisa disebut orangewood stick) cabut kutikula yang tidak rapi dengan pencabut. Lakukan dengan hati-hati, jika tidak tercabut jangan dipaksa. 

4. Menghaluskan Sekedar menggunting saja tidaklah cukup untuk mendapatkan kuku kaki yang rapi. Sesudah Anda selesai mengguntingnya, gunakan penghalus (kikir). Mula-mula kikir sudut-sudut kuku sehingga tidak ada sudut-sudut yang tajam. Lakukan penghalusan ini dari sudut luar ke arah dalam. Ingatlah untuk mengikir kuku hanya dengan gerakan searah, jangan dengan gerakan bolak balik. Hal ini untuk menghindari sobeknya kuku. 

5. Menghaluskan ujung kuku Haluskan ujung-ujung jari dengan menggunakan kikir. Unțuk menghaluskan ujung kuku kaki gunakan kikir yang lebih halus dibanding kikir penghalus sudut-sudut kaki. Sesudahnya kikir kembali seluruh bagian kuku dengan kikir halus ini. Setelah selesai kikir seluruh bagian kuku dengan kikir halus ini mulai dari bagian sudut lainnya. Sekali lagi ingatlah, untuk melakukannya dengan gerakan searah. Sesudah Anda menghaluskan ujung kuku, gosok permukaan kuku dengan buffer, yaitu sejenis kikir kuku yang sangat lunak. Menggosok permukaan kuku dengan buffer akan membuat kuku nampak mengkilap walau tidak menggunakan cat kuku, sehingga kukupun tampak terawat. 

6. Mewarnai Jika tampilan kuku sudah terawat baik,maka Anda dapat melakukan pewarnaan. pertama gunakan lapisan pelindung kuku dari zat kimia pewarna. Kemudian sebelum mewarnai, pisahkan jari-jari dengan pemisah jari yang terbuat dari busa untuk menghindari jari kaki terkena pewarna. Oleskan pewarna kuku dengan hati-hati dan biarkan kering dengan sempurna. Sesudahnya gunakan lapisan akhir (toap coat) agar cat tidak mudah tergores. 

7. Perawatan tambahan Tidak ada salahnya untuk sesekali memanjakan kaki dengan melakukan program perawatan tambahan! Jika Anda lelah sehabis beraktifitas, rendam kaki dalam air hangat yang dicampur dengan garam. Gunanya untuk melancarkan peredaran darah serta meredamkan pembengkakan yang biasa timbul ketika kaki lelah. Sesudahnya campurkan garam kasar dengan sedikit minyak zaitun yang dihangatkan, dan gosokkan pada bagian kaki sambil melakukan pemijatan. Terakhir bilas kaki dan gunakan krim pelembab dengan merata (terutama pada bagian yang kasar) kemudian kenakan kaus kaki tebal agar krim tersebut meresap seluruhnya. Lakukan dua minggu sekali dan rasakan kehalusan kulit kaki Anda.

8. Ulangi nomor 1-7 secara rutin.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact