Pengaruh Kesedihan pada Kesehatan - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Pengaruh Kesedihan pada Kesehatan

Pengaruh Kesedihan pada Kesehatan

Pengaruh Kesedihan pada Kesehatan 



HARISEHAT.COM ~ Menghindari rasa sedih dan mempertahankan suasana hati dan jiwa ternyata juga adalah rahasia kesehatan dan kecantikan wanita tradisional Tiongkok. Dan ini juga berlaku bagi laki-laki juga. Menurut mereka bahwa perubahan suasana hati yang mendadak atau kelabu, atau sedih dapat menganggu aliran energi internal dan merusak organ-organ. 

Pepatah Tiongkok Kuno menyatakan : Kendalikan Suasana Hati 

Dalam ilmu kedokteran tiongkok ada istilah 7 perasaan, yaitu: gembira, marah, khawatir, sedih, takut, shock (kaget), dan pikiran. Ilmu kedokteran Tiongkok percaya bahwa psikologis seseorang erat kaitannya dengan organ-organ tertentu dan aliran energi. 

Menurut buku Huang Di Nei Jing yang merupakan dasar klasik dari ilmu kedokteran tiongkok, sebagaimana disebutkan di dalam erabaru.net, bahwa energi di jantung mendukung kebahagiaan, rinciannya sebagai berikut : energi hati terpakai untuk marah; energi limpa terpakai untuk khawatir dan berpikir; energi paru-paru untuk kesedihan; energi ginjal untuk takut dan kaget. 

Oleh karena itu, terjebak dalam suasana hati tertentu terlalu lama akan mengkonsumsi banyak energi di organ terkait dan dapat menimbulkan kerusakan. Organ-organ tersebut tidak terisolasi tetapi saling terkait, oleh karenanya, kerusakan di satu organ dapat menyebabkan gangguan di organ yang lain. Sebagai contoh, bila hati terluka, karena terlalu banyak marah, maka lambung dan limpa akan terkena juga. 

Masih menurut Kedokteran Tiongkok Kuno bahwa kebahagiaan dan pandangan-pandangan positif pada diri seseorang dapat menguntungkan kesehatannya, karena dapat melepaskan kegugupan dengan cara memperlambat aliran energi. Duka yang berkepanjangan, terlalu banyak kesedihan yang terlalu lama, mengkonsumsi energi di paru-paru dan dapat menyebabkan sesak napas. 

Terlalu banyak memikirkan masalah dan kesedihan akan menyebabkan energi di limpa mengalami kemandekan. Hal ini dapat berakibat buruk pada nafsu makan dan tidur. Seiring waktu hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi lebih gelap. Limpa terletak tepat di bawah tulang rusuk pada sisi kiri. Limpa membantu tubuh melawan infeksi dan menyaring materi, seperti sel-sel darah yang tua atau rusak. Limpa juga memproduksi sel darah merah dan beberapa jenis sel darah putih. Limpa pecah dapat menuangkan sejumlah besar darah ke rongga perut. 

Buku "Huang Di Nei Jing" juga menyarankan: Jika anda tertekan atau sedih, pikirkanlah hal-hal menyenangkan dan ambil bagian dalam kegiatan atau aktivitas/hobi yang menyenangkan supaya dapat membantu melipur lara. Adanya teman- teman juga dapat membantu. 


-Sumber: Mukjizat AlQuran dalam Kesehatan, DR. Ahmad Zain An-Najah, MA, Puskafi, 2012).

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact