Latihan Mempertajam Ingatan - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Latihan Mempertajam Ingatan

Latihan Mempertajam Ingatan


Latihan Mempertajam Ingatan

HARISEHAT.COM ~ Curt Sandman, PhD, Direktur Klinik Gangguan Memori, Universitas California, AS, mempunyai dugaan bahwa ingatan tidak akan menurun seiring dengan semakin bertambahnya usia seseorang. 

"Lebih dari 10 tahun diteliti, ternyata, meski usia sudah lanjut, tetapi otak tetap bertumbuh dan beradaptasi" jelasnya. 

Menurut Direktur Klinik itu, kunci untuk memperoleh memori yang baik adalah seperti otot lainnya, otak memerlukan latihan yang teratur agar tetap kuat. Salah satu latihan terbaik untuk meningkatkan memori adalah kelas latihan memori, yang di Amerika saat ini sudah ditawarkan di beberapa universitas dan perguruan tinggi. 

"Setelah mengikuti latihan tersebut sebanyak 10 sesi, para peserta yang berusia 60 ke atas, 10 hingga 50% ternyata lebih tinggi nilainya dalam tes memori," lapor Robin West, PhD, psikolog spesialis memori dan usia di Universitas Florida, AS. 

Psikolog itu mengatakan, kursus memori ini akan menolong Anda mempertajam rasa, emosi, dan proses rasional, yang mana hal ini akan meningkatkan daya kerja ingatan. Dengan instruksi yang sempurna, Anda juga dapat mempertajam pendengaran dan memori visual. 

Dalam latihan, instruktur memperlihatkan slide tentang sejumlah obyek yang tidak berhubungan (misal sebuah sisir, sendok, dan pulpen), kemudian peserta diminta untuk mengingatnya. Lalu mereka disuruh membangun suatu hubungan antara berbagai aspek yang dimiliki benda- benda tersebut. 

Teknik lainnya adalah mengajar peserta untuk mengasosiasikan nama-nama dan wajah-wajah yang ditunjukan lewat video. Mereka lalu diminta menggambarkan sosok di dalam layar dan mereka-reka imej wajahnya berkaitan dengan nama yang diberikan. Misalnya, paruh burung untuk laki-laki bernama Bill. 

Selain itu, Anda pun bisa mempertajam ingatan dengan mempraktikkan cara-cara berikut: 

1. Biasakan menyimpan barang-barang kecil seperti gunting, gunting kuku, kunci-kunci di satu tempat. Visualisasikan benda-benda itu di tempat tersebut dan ucapkan keras-keras, "Saya telah menaruh gunting. kunci dan sebagainya di tempat ini!" 

2. Jika sebuah kata sudah berada di ujung lidah, teruskan mengucapkan kata itu sementara otak terus melakukan scanning mencari lanjutannya. 

3. Luangkan waktu 15 detik untuk membuat kesan mental tentang seseorang. Misalnya untuk mengingat nama Bambang, gambarkanlah sosoknya di pintu rumah. 

Ketiga trik mempertajam ingatan di atas tidak terlalu sulit dilakukan. Anda dapat berlatih dan membuktikan bahwa usia lanjut tidak selalu berarti memiliki ingatan tumpul.

(Dudi Misky, 162 Tips Kesehatan, Progres 2005)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact