Mencegah dan Mengobati Sakit Kepala - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Mencegah dan Mengobati Sakit Kepala

Mencegah dan Mengobati Sakit Kepala


Mencegah dan Mengobati Sakit Kepala

HARISEHAT.COM ~ Bagaimana cara mencegah terjadinya sakit kepala? Pencegahan sakit kepala bisa dilakukan dengan cara mengubah gaya hidup yang lebih sehat, mengurangi stres, memperbaiki pola makan, dan juga berolahraga. Olahraga teratur dapat menyebabkan otak melepaskan senyawa kimia tubuh yang disebut endorfin, yaitu suatu penghilang nyeri alami. Seseorang dengan pola tidur, makan dan olahraga teratur memiliki kemungkinan lebin kecil terserang sakit kepala dibanding orang dengan pola hidup tidak teratur. 

Berikut ini adalah hal-hal lain yang dapat mencetus terjadinya sakit kepala: 

• Terlalu banyak tidur, atau tidur siang terlalu lama 
• Menunda waktu makan 
• Wangi parfum yang terlalu kuat 
• Cahaya yang terang, seperti cahaya yang berasal dari sinar matahari, fluoresens, TV, atau monitor computer
• Garam
• Daging olahan, seperti daging burger, hotdog, luncheon 
• Kacang-kacangan 
• Dataran tinggi 

Bisakah sakit kepala diobati? Pengobatan dapat saja dilakukan tergantung pada jenis sakit kepala yang diderita.

Sakit kepala muskular dapat diatasi dengan obat penghilang nyeri yang dijual bebas atau obat dengan mekanisme kerja muscle relaxan (pelemas otot), atau dengan teknik-teknik yang bisa bisa mengurangi stress. 

Migrain harus diatasi dengan obat-obatan yang selain dapat mencegah serangan juga dapa mengatasi gejala-gejala yang timbul ketika serangan muncul. Migrain juga dapat dicegah dengan menghindari makanan-makanan yang dapat mencetus serangan. 

Traction headaches yang disebabkan oleh tumor otak mungkin membutuhkan tindakan operasi untuk menghilangkan sumber sakit. 

Sakit kepala yang disebabkan oleh pembengkakan/inflamasi dapat diobati dengan obat-obat kortikosteroid atau turunannya yang bekerja mengurangi pembengkakan jaringan.

(Rahasia Sehat, Pengetahuan Praktis Hidup Sehat untuk Orang Cerdas, Sabrina Maharani, Katahati, 2007).

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact