3 Keutamaan Shalat Terkait Kesehatan - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

3 Keutamaan Shalat Terkait Kesehatan

3 Keutamaan Shalat Terkait Kesehatan

3 Keutamaan Shalat Terkait Kesehatan


HARISEHAT.COM ~ Shalat merupakan olahraga fisik yang istimewa. Ketika shalat, semua persendian dan otot bergerak dan peredaran darah menjadi lancar, apalagi jika dikerjakan 5 kali dalam sehari dan berulang-ulang. Dengan demikian setiap kali kekuatan -fisik- seseorang bertambah, maka kekuatan imannyapun akan bertambah. 

Majalah al-Mujahid edisi Ramadhan 146 April 1986 M memuat makalah DR Utsman al-Khawaas, seorang ahli tulang. Dalam makalahnya tersebut beliau menyampaikan beberapa hal, yaitu: 

Pertama: Yang paling penting dalam pendidikan modern dan berdasarkan anjuran ilmu kesehatan yang bertujuan untuk pencegahan adalah latihan olahraga yang dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Melaksanakan shalat lima kali sehari adalah tindakan yang paling tepat untuk mendapatkan manfaat olahraga, karena waktu-waktu shalat merupakan waktu yang paling tepat untuk melakukan olahraga.

Kedua: Adapun mengenai gerakan shalat sudah jelas bahwa berdiri dalam shalat merupakan cara paling baik untuk memperlancar peredaran darah yang dapat mengaktifkan semua perangkat tubuh. Oleh karena itu, shalat dapat memperlancar pencernaan dan membangkitkan selera. Banyak penyakit yang tidak dapat disembuhkan oleh seorang dokter yang terkenal dan sangat cerdas sekalipun, tetapi orang yang terjangkit penyakit tersebut justru sembuh, kembali sehat dan normal dengan mukjizat shalat. 

Shalat seperti halnya Radium yang merupakan cahaya dan melahirkan energi untuk beraktivitas. Kita harus memahami bahwa shalat bukan hanya bacaan dan doa, tetapi lebih dari itu shalat adalah sarana komunikasi antara seorang hamba dengan Allah Subhanahu wa Ta'ala seperti halnya ia merasakan sinar matahari atau merasakan kelembutan yang benar. 

Dalam shalat seseorang menyerahkan diri di hadapan Allah Subhanahu wa Ta'ala untuk memperoleh ketenangan dan kedamaian. Shalat datang dengan mukjizat yang mencengangkan. Kita dapat menyaksikan pengaruh shalat dalam hal patolog (ilmu tentang penyakit), banyak orang yang terjangkit berbagai jenis penyakit seperti radang tulang, luka bernanah, kanker dan lain sebagainya sembuh karena mukjizat shalat-. 

Ketiga: Manfaat shalat dari segi kejiwaan tidak terhitung. Dalam shalat seseorang mengingat Tuhannya dan menyadari bahwa ditangan-Nyalah semua permasalahan diserahkan. Seseorang yang mengalami masalah atau sedang gundah gulana, segeralah mengadukan semua masalahnya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, Dzat yang Rahmat-Nya melingkupi segala sesuatu. Jika seseorang memendam semua masalah di benaknya sendiri, maka hal tersebut akan membuatnya menjadi sensitif dan emosional. 

Seorang ilmuwan ternama di Rumah Sakit Boston mengatakan bahwa obat manjur untuk mengatasi rasa khawatir adalah berbagi masalah yang sedang dihadapi dengan orang yang dipercaya. Ketika seseorang yang sedang sakit menceritakan keluh kesahnya dengan detil dan rinci, maka rasa khawatir tersebut telah hilang dari benaknya karena berbagi akan keluh kesah yang sedang dihadapi sendiri sesungguhnya merupakan obat. 

DR. Alexis Carel, seorang ilmuwan yang menerima Nobel mengatakan dalam bukunya, "Bisa jadli sampai saat ini shalat merupakan energi yang paling dahsyat yang lahir untuk sebuah aktivitas. Sebagai seorang dokter, saya banyak melihat orang sakit yang penyakitnya tidak dapat disembuhkan oleh dokter. Ketika ilmu kedokteran sudah menyerah, masuklah shalat dan membebaskan mereka dari penyakit."

(Ahmad bin Salim Baduweilan, Misteri Pengobatan dalam Shalat, 2007)


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact