5 Tanda Tubuh Kekurangan Nutrisi - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

5 Tanda Tubuh Kekurangan Nutrisi

5 Tanda Tubuh Kekurangan Nutrisi


5 Tanda Tubuh Kekurangan Nutrisi

HARISEHAT.COM ~ Hidup di zaman modern ini yang serba cepat dan instan, seringkali membuat kita mengabaikan kebutuhan tubuh kita. Tak sedikit dari kita yang sering melewatkan jam makan. Kalaupun ingat makan, biasanya telat dilakukan atau sekadar makan agar tidak lapar. Padahal kita tidak hanya butuh makan secara teratur, namun lebih penting lagi mengkonsumsi makanan yang berkualitas. Jangan sampai kita kekurangan satu atau lebih nutrisi penting yang nantinya dapat mengganggu metabolisme tubuh. 

Untuk mengetahui apakah kita sudah menerapkan pola makan yang baik, kita dapat mencermati kondisi tubuh dengan seksama. Bila sedang kekurangan nutrisi tertentu, tubuh akan memberi sinyal, antara lain: 

1. Napas tak sedap 
Mengindikasikan fungsi usus yang kurang sempurna dan kurangnya serat dalam makanan. Bila makanan diproses dengan sempurna setiap kali makan, sisanya akan melewati sistem pencernaan. 

2. Gusi berdarah/Infeksi
Mengindikasikan kurangnya asupan vitamin C, zinc, dan asam folat. 

3. Rambut Kusam
Mungkin Anda kekurangan biotin, asam amino atau zinc. Asam amino ditemukan pada makanan berprotein tinggi, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, produk kedelai,  telur, daging merah, dan unggas. Kalau makanan Anda sehari-hari kurang mengandung itu semua, keseimbangan asam amino dalam tubuh akan terganggu. Zat gizi ini diperlukan untuk membangun sel dan jaringan tubuh. 

4. Lemas dan gemetar bila terlambat makan
Mengindikasikan ketidakseimbangan kadar gula dalam darah dan kemungkinan hipoglikemia (rendahnya kadar gula dalam darah). Coba konsumsi makanan kecil beberapa kali sehari diantara waktu makan. Anda memerlu- kan karbohidrat kompleks yang cukup banyak dalam makanan. 

5. Kulit Siku kasar 
Bila Anda merasa asupan makanan Anda telah cukup, bisa jadi masalahnya ada pada penyerapan. Kafein yang terkandung dalam kopi, cola, coklat, atau teh dapat mengganggu enzim pencernaan sehingga makanan tidak tercerna dengan baik. Sulit memperbaiki kulit kering hanya dengan bantuan lotion atau krim, Anda juga perlu nutrisi dari dalam.

(Dudi Misky, 162 Tips Kesehatan, Progres 2005)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact