Antibiotik Jangan Dikonsumsi Bersama Susu - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Antibiotik Jangan Dikonsumsi Bersama Susu

Antibiotik Jangan Dikonsumsi Bersama Susu


Antibiotik Jangan Dikonsumsi Bersama Susu

HARISEHAT.COM ~ Antibiotik sebaiknya diminum pada saat perut dalam keadaan kosong. Paling cepat 0,5 jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan. Tujuannya, agar obat dapat diserap dari saluran cerna dengan baik sehingga diperoleh kadar yang optimal dalam darah. Antibiotik, terutama derivat tetrasiklin, sebaiknya tidak diminum bersama susu, atau obat sakit maag. Karena di dalam ketíganya terdapat unsur-unsur logam yang dapat berkaitan dengan antibiotik, sehingga mempersulit pencernaan. 

Tak cuma harus diminum selama jangka waktu tertentu, tapi sebaiknya antibiotik diminum dalam selang waktu teratur dan tetap. Misalnya yang harus diminum tiga kali sehari, berarti diminum dengan selang waktu lebih kurang 8 jam sekali. Bukan sekadar pada pagi, siang dan sore dengan selang waktu berbeda-beda. Ini agar mendapatkan kadar obat dalam darah yang lebih stabil di sekitar kadar optimalnya. 

Penderita penyakit hati dan ginjal harus lebih hati-hati menggunakan antibiotik maupun obat-obatan lain. Karena pada umumnya antibiotik "dicerna" di hati dan "dibuang" melalui ginjal, sehingga dapat memperberat fungsi ginjal dan hati yang mulai menurun. Gangguan fungsi kedua organ tersebut juga akan menyebabkan penimbunan dan peninggalan kadar antibiotik di dalam darah, sehingga makin memperbesar risiko timbulnya akibat sampingan. Dalam hal ini dosis antibiotik harus dikurangi. 

Pàda kasus tertentu misalnya demam tifoid, antibiotik harus diminum terus sampai beberapa hari setelah gejala penyakit tersebut hilang. Ini dimaksudkan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya karier (kuman masih ngendon di dalam tubuh tanpa menimbulkan gejala sakit) yang dapat memicu kekambuhan atau penularan.

(disarikan dari berbagai sumber)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact