Berobat Dengan Talbinah - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Berobat Dengan Talbinah

Berobat Dengan Talbinah


Berobat Dengan Talbinah

HARISEHAT.COM ~  Talbinah adalah asupan encer yang terbuat dari tepung dan dedak gandum. Terdapat dalam Al-Bukhari dari hadits Urwah, dari Aisyah bahwa jika salah seorang di antara anggota keluarganya meninggal maka para wanita berkumpul, kemudian mereka membubarkan diri menuju keluarga mereka masing-masing. Aisyah menyuruh untuk diambilkan seperiuk talbinah, lalu dimasak. Setelah itu dibuatlah bubur roti (tsarid) kemudian talbinah itu dituangkan pada bubur itu. Kemudian dia mengatakan, "Makanlah ini. Sesungguhnya aku pernah mendengar Nabi bersabda,"Talbinah membuat nyaman hati orang yang sedang sakit dan menghilangkan sebagian kesedihannya." (HR. Al-Bukhari 5101 dan selainnya).

Ahli kedokteran kontemporer mengatakan bahwa kekurangan vitamin B, kalium (juga dikenal sebagai potassium), magnesium, dan materi-materi penting lainnya bisa menyebabkan hati seseorang menjadi sedih. Para spesialis menyarankan agar mengonsumsi makanan-makanan yang kaya dengan unsur-unsur ini. Dan yang paling pokok adalah gandum yang mengandung unsur ini dalam kadar yang banyak. Semoga shalawat senantiasa tercurah kepada Rasulullah yang telah mengabarkan kepada kita bahwa gandum bisa menghilangkan kesedihan. 

Ilmu kedokteran modern menetapkan bahwa di dalam gandum terdapat unsur-unsur yang berpengaruh secara signifikan dalam mengurangi kesedihan seperti kalium, magnesium, antioksidan, dan lainnya. Materi-materi ini banyak terdapat dalam tepung gandum. Saat tubuh mengalami kekurangan kalium, perasaan sedih pada hati manusia akan semakin bertambah. Tak pelak lagi, hal itu akan menyebabkan mereka cepat marah dan naik pitam. Penelitian ilmiah mengisyaratkan bahwa zat-zat semisal kalium dan magnesium berpengaruh kuat terhadap jaringan saraf yang membantu meringankan depresi. 

Penelitian ilmiah menggunakan istilah 'meringankan depresi', kita dapat menemukan padanan istilah ini dari hadits Rasulullah, "Talbinah membuat nyaman hati orang yang sedang sakit dan menghilangkan sebagian kesedihannya." (HR. Al-Bukhari 5101). Berbagai penelitian juga mengukuhkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung kalium mampu melindungi tubuh dari gangguan hipertensi, karena potasium dapat menyeimbangkan kadar garam dan air dalam sel-sel tubuh. Kalium juga dianggap sebagai materi medis terpenting dalam ruang perawatan intensif (ICU) di seluruh dunia. Bahkan injeksi kalium secara intravena (i.v) dilakukan pada keadaan darurat. 

Maka, apa yang menghalangi kita untuk mengonsumsi roti gandum dan turunannya sehingga hal tersebut dapat menyuplai kebutuhan tubuh akan kalium dan membantu memperlancar pembuangan air seni dari dalam tubuh? Gandum adalah makanan, perlindungan, dan sekaligus obat. Terlebih, Nabi sebagai manusia terbaik, makanan beliau adalah roti gandum tanpa dedak. Makanan yang dipilihkan Allah untuk beliau ini meniscayakan berbagai manfaat yang besar di dalamnya.

(Syihab Al-Badri Yasin, 20 Warisan Pengobatan Nabi, Pustaka Arafah, 2012)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact