Mengatasi Sakit Mata Ringan - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Mengatasi Sakit Mata Ringan

Mengatasi Sakit Mata Ringan

Mengatasi Sakit Mata Ringan


Hal yang mungkin sering kita alami adalah gejala mata kering BĂ­asanya disebabkan terlalu lama, misalnya di depan komputer, sehingga membuat mata terasa perih terbakar dan gatal. Akan tetapi kebanyakan sakit mata terjadi karena iritasi yang disebabkan oleh debu-debu atau serpih-serpih lainya, dan sesuatu yang masuk ke dalam mata. 

Benda-benda itu melekat pada biji mata atau tersepit di bawah mata. Kita serasa tergoda untuk langsung menggosok pelupuk mata yang sebenarnya tidak dianjurkan. Sebab, perbuatan itu bisa menambah lecet biji mata dan menyebabkan mata bertambah sakit dan perih. Lalu, bagaimana tuntunan Nabi saw.perihal sakit mata? Abu Nu'aim al-Asfahani di dalam kitabnya, at-Tibb an-Nabawi, mengutip sebuah hadits yang berbunyi: "Bahwa Nabi saw. jika ada salah satu istrinya yang sakit mata, baginda saw. tidak akan menggaulinya hingga sakit matanya sembuh." (HR. Abu Nu'aim) 

Asfahani lebih lanjut menjelaskan bahwa tindakan Rasulullah saw. itu mempunyai maksud dan tujuan tertentu, Sebab, masih menurut Asfahani, seorang yang menderita sakit mata, maka cairan di dalam badan dan kepalanya bergejolak sangat kuat. Artinya, jimak (hubungan badan) yang merupakan gerakan menyeluruh dari badan dan jiwa bisa memperparah situasi yang menyebabkan cairan badan yang sedang bergejolak menuju kebagian-bagian tubuh yang lemah. 

Sebagaimana diketahui, mata pada kondisi demikian menjadi organ tubuh yang paling lemah. Oleh karena itu, hal yang paling mudharat dilakukan saat mata sakit adalah gerakan jimak. Hal yang dianjurkan saat sedang mengalami sakit mata adalah dengan banyak istirahat dan tidak mengusap mata dengan tangan. Tentunya, hal ini dalam konteks gangguan mata yang bersifat ringan, tidak tergolong berat yang memerlukan penanganan dokter. 

Patut pula dipertimbangkan anjuran dari Asosiasi Dokter Mata Amerika (American Optometric Association) agar asupan makan harus kaya lutein dan zeaxantin, seperti bayam, seledri, brokoli, kangkung dan sayuran berwarna hijau tua. Manfaatnya bisa melindungi dan mencegah kerusakan bagian belakang mata, yang biasanya disebabkan oleh sinar matahari. 

Sekalipun demikian, ada pendapat menarik dari sebagian ulama salaf yang dirasa perlu untuk dikemukakan dalam tulisan ini. Bahwasanya di dalam sakit mata itu terkandung manfaat yang bisa membersihkan kepala dan badan dari sisa-sisa zat busuknya. Mereka mengatakan, "Janganlah kamu membenci sakit mata, sebab ia memutuskan urat-urat kebutaan." 

Pendapat di atas secara jelas menekankan perlunya berfikir positif terhadap penyakit mata yang sedang diderita. Meski, masih diperlukan penjelasan medis yang bisa mengurai secara ilmiah dalam mendukung pendapat tersebut. 

(Ronie LA / dari berbagai sumber)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact