Mengenali Gejala Anoreksia Nervosa - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Mengenali Gejala Anoreksia Nervosa

Mengenali Gejala Anoreksia Nervosa

Mengenali Gejala Anoreksia Nervosa

HARISEHAT.COM ~ Bagi Anda yang telah memiliki remaja putri, berhati-hatilah jika putri Anda tersebut mengidap penyakit anoreksia nervosa. Konon, penyakit ini lebih sering mengganggu remaja putri seusianya. Penyakit mental ini amat serius, dapat menyebabkan penderita tidak nafsu makan. Kalau tidak segera diobati, si penderita akan menjadi kurus kering hingga mati. 

Di bawah ini merupakan beberapa gejala anoreksia nervosa: 

1. Malas makan atau tidak nafsu makan, yang lebih parah ia tidak mau makan sama sekali. Kadang-kadang ia mau makan, tapi dibuang kembali. 

2. Penderita ingin sekali menjadi kurus, padahal ia sebenarnya sudah kurus. Sekalipun dirinya tidak gemuk, ia merasa diri gemuk. 

3. Berat badan hilang secara nyata disertai kelelahan dan rasa lemah.

Anoreksia nervosa merupakan komplikasi antara kekurangan vitamin, mineral, dan anemia. Juga kegagalan organ seperti tidak menstruasi, denyut jantung tidak teratur, dan gagal ginjal. Sayang, penyebab penyakit berbahaya ini belum diketahui secara pasti. Tetapi bila muncul gejala-gejala seperti di atas, segera ke dokter atau psikolog/psikiater untuk mendapatkan terapi yang tepat.

(Dudi Misky, 162 Tips Kesehatan, Progres 2005)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact