Meningkatkan Hormon Kebahagiaan - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Meningkatkan Hormon Kebahagiaan

Meningkatkan Hormon Kebahagiaan

Meningkatkan Hormon Kebahagiaan

HARISEHAT.COM ~ Ada empat hormon yang perlu terus membanjir dalam darah agar kita merasa hidup berbahagia. Indeks kebahagiaan orang di dunia kian menurun, selain disebabkan sikap dan pilihan gaya hidup yang hedonis, lalu tak pernah merasa puas (treadmill hedonism), juga bisa jadi karena hormon kebahagiaan dalam darah tidak tinggi. 

Berikut keempat hormon kebahagiaan dalam tubuh kita:

1. Dopamin
Dopamin adalah hormon dan neurotransmitter (senyawa otak) yang berkaitan dengan penghargaan diri. Hormon ini kadarnya akan meninggi bila kita memuji dan dipuji. Akan lebih baik jika tindakan memuji dan dipuji ini disertai ketulusan.

2. Oxytocin
Sering disebut hormon cinta karena muncul saat kita jatuh cinta atau di saat memadu cinta. Hormon ini akan meninggi dalam darah bila kita memeluk atau dipeluk seseorang.

3. Serotonin
Hormon yang cara kerjanya mirip dengan dopamin yang berperan dalam mengatur suasana hati. Hormon ini meninggi bila kita banyak memberi (apa saja), menjadi “givers” bukan hanya “takers”. 

4. Endorphin
Endorphin tergolong hormon kebahagiaan yang berperan dalam meredakan gejala depresi, stres, dan kecemasan. Hormon ini akan meningkat bila banyak tertawa, latihan fisik, dan melakukan seks.

Nah, tidak terlalu sulit untuk meningkatkan kadar keempat hormon di atas, bukan? Mulailah dari diri sendiri, misalnya memberikan pujian tulus kepada diri sendiri untuk setiap keberhasilan yang dicapai.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact