Menolong Orang yang Pingsan - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Menolong Orang yang Pingsan

Menolong Orang yang Pingsan

Menolong Orang yang Pingsan

HARISEHAT.COM ~ Dalam situasi tertentu, pingsan bisa saja terjadi, karena hal-hal berikut: lapar, cemas, kelelahan dan tekanan emosi lain karena adanya berita buruk. Bisa juga karena melihat darah atau luka berdarah, juga karena seseorang tiba-tiba pusing dan pingsan. Mula-mula ia merasa pusing, seakan bumi bergerak- gerak. Lalu tiba-tiba si korban lemah dan tak tahan berdiri. Selama beberapa detik, mungkin napasnya terhenti, dan denyut nadi melemah. 

Kita bisa saja berada dalam situasi yang mengharuskan kita menolong seseorang yang tiba-tiba pingsan. Jika itu terjadi, kita tidak boleh panik. Bersikap tenang dan cepat tanggap akan sangat membantu korban. Nah, apa yang harus kita lakukan untuk menolong korban? Berikut langkah-langkah menolong korban yang pingsan:

1. Upayakan si sakit tetap berbaring selama ia belum siuman. 
2. Jika si korban tidak bertambah baik, telentangkan kepalanya lebih rendah sedikit dari badan. 
3. Angkatlah kakinya untuk mengembalikan aliran darah ke jantung. 
4. Bungkukkan badannya ke depan, dan letakkan kepala di antara lututnya. 
5. Kalau pingsannya berlanjut, tutupilah tubuhnya dengan selimut dan segera panggil dokter atau bawa ke rumah sakit. Bisa jadi, ada sesuatu yang lebih serius di balik itu. Misalnya, pingsan akibat serangan jantung.

(Dudi Misky, 162 Tips Kesehatan, Progres 2005)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact