Si Hangat yang Multi Manfaat - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Si Hangat yang Multi Manfaat

Si Hangat yang Multi Manfaat

Si Hangat yang Multi Manfaat


Ternyata, bukan hanya kita yang kerap membuat minuman jahe, orang Arab pun biasa menggunakan jahe dengan cara mencampurkannya pada minuman mereka. Abu Sa'id Khuduri r.a meriwayatkan,"Raja Romawi pernah menghadiahkan sekantong jahe kepada Rasulullah saw., lalu beliau memberikan sepotong jahe itu kepada setiap orang. Beliau juga memberikan sepotong kepadaku."

Tidak hanya menghangatkan, jahe juga mengandung zat-zat yang berguna bagi tubuh kita. Sejak dahulu, jahe diketahui benar-benar mengandung manfaat. Ibnu Qayim mengatakan dalam bukunya, At Tibb an-Nabawi (Pengobatan ala Nabi), "Jahe dapat membantu alat pencernaan, melembutkan perut menjadi seimbang, dan membantu hubungan suami-istri, bahkan sangat baik untuk hati dan perut besar. Air rebusan jahe dapat digunakan untuk mengobati penyakit rematik atau encok dan suara serak. Oleh karena itu, jahe masuk dalam komposisi kebanyakan obat." 

Sedangkan Prof.Ab- Asyur dalam buku Pengobatan dengan Rumput dan Tumbuh-tumbuhan mengatakan: "Penelitian-penelitian terbaru menyatakan bahwa akar-akar jahe mengandung gondorukem (campuran karet damar) berminyak, kanji, dan minyak menguap yang menjadikan jahe berbau sedap. Jahe juga mengandung damar minyak yang tidak menguap, yang menjadikan jahe memiliki rasa menyengat. Dari sini jelas jahe memiliki berbagai keistimewaan." 

Kini, para ahli kesehatan yang telah membuat penelitian telah menemukan banyak manfaat dari jahe, yakni: 

1. Merangsang pelepasan hormon adrenalin, memperlebar pembuluh darah, sehingga darah mengalir lebih cepat dan lancar. Tubuh menjadi lebih hangat, kerja jantung memompa darah lebih ringan sehingga tekanan darah menjadi menurun. 

2. Jahe mengandung dua enzim pencernaan yang penting, pertama: protase, yang berfungsi memecah protein. Kedua lipase, yang berfungsi memecah lemak. Kedua enzim ini membantu tubuh mencerna dan menyerap makanan. 

3. Jahe sekurangnya mengandung 19 komponen bio-aktif yang berguna bagi tubuh. Komponen yang paling utama adalah gingerol yang bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggump. alan darah. Jadi, mencegah tersumbatnya pembuluh darah, yang merupakan penyebab utama stroke dan serangan jantung. Bahkan, diperkirakan juga membantu penurunan kadar kolesterol. 

4. Bagi mereka yang mengalami mabuk perjalanan akibat perut men- galami kontraksi, sehingga timbul rasa mual bisa dicegah dengan minum wedang jahe. Caranya: jahe sepanjang satu ruas jari dipu- kul-pukul, masukkan ke dalam air panas, beri madu secukupnya lalu minum. Bisa juga menggunakan teh jahe bubuk, atau langsung makan dua kerat jahe, jika tahan. 

5. Membuat lambung menjadi nyaman dan membantu men- geluarkan angin. Meringankan kram perut saat menstruasi atau akibat makan-makanan berlemak. 

6. Membantu tubuh melawan flu. Kandungan antioksidannya membantu menetralkan efek merusak diakibatkan radikal bebas di dalam tubuh. 

7. Merupakan pereda rasa sakit yang dialami karena nyeri seperti: rematik, sakit kepala dan migren. 

Salah satu yang patut kita syukuri adalah tumbuhan ini mudah kita dapatkan di mana-mana. Aslinya, tumbuhan ini berasal dari Asia Selatan (India) dan RRC, kini banyak ditemukan di wilayah tropis dan subtropis, seperti Indonesia, Malaysia, dan Filipina. 

Tanaman ini biasanya ditanam di daerah beriklim panas, terutama di tanah gembur kering dan subur. Jahe yang amat baik dihasilkan di Jamaika, Srilanka dan Cina. Jahe dalam bahasa latinnya disebut Zingiber officinale. 

(Tips Sehat Ala Rasulullah saw., Si/berbagai sumber).

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact