Kimchi, Salah Satu Makanan Tersehat di Dunia - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Kimchi, Salah Satu Makanan Tersehat di Dunia

Kimchi, Salah Satu Makanan Tersehat di Dunia

Kimchi, Salah Satu Makanan Tersehat di Dunia

Kimchi dibuat dari beraneka ragam bahan sesuai dengan jenis kimchi dan selera orang yang membuatnya. Kimchi yang paling dikenal di luar Korea adalah baechu kimchi dibuat dari sawi putih (baechu) dan lobak (mu) dicampur bawan putih (maneul), cabai merah (ppalgangochu), daun bawang (no cumi-cumi (ojingeo), tiram (gul) atau makanan laut lain, jahe (saenggang), garam (sogeum), dan gula (seoltang). 

Museum Kimchi Pulmuone yang ada di Seoul mencatat 187 jenis kimchi, mulai dari kimchi zaman dulu hingga kimchi zaman sekarang. Variasi kimchi yang mudah dikenali, misalnya: ggakdugi dengan bahan utama lobak dipotong berbentuk kubus, kimchi ketimun yang disebut oisobaegi, dan kkaennip berupa susunan daun perilla yang direndam dengan kecap asin, cabai merah, bawang putih, dan daun bawang. 

Bakteri laktobasilus yang berperan dalam proses fermentasi kimchi menghasilkan asam laktat dengan kadar yang lebih tinggi daripada yoghurt. Kimchi adalah salah satu makanan tersehat di dunia Kimchi dibuat dari berbagai jenis sayuran sehingga mengan- dung kadar serat makanan yang tinggi, namun rendah kalori Sebagian besar kimchi dibuat dari sayuran seperti bawang bombay, bawang putih, dan cabai yang baik untuk kesehatan. Kimchi kaya dengan vitamin A, thiamine (B1), riboflavin (B2), kalsium, zat besi, dan bakteri asam laktat yang baik untuk pencernaan. 

Pada tahun 2000, strain bakteri asam laktat (strain MT-1077") penghasil bakteriosin yang diisolasi dari kimchi diberi nama Lactobacillus kimchi. Kimchi disebut sebagai salah satu dari lima "makanan tersehat di dunia" menurut majalah Health Magazine. Kimchi kaya dengan vitamin, membantu pencernaan, dan kemungkinan dapat mencegah kanker. Sayuran yang sudah lama diketahui baik untuk kesehatan, apalagi ditambah kultur bakteri hidup pada kimchi yang lebih banyak dari yoghurt. Pemakaian cabai merah dalam jumlah banyak pada kimchi juga sering disebut-sebut baik untuk kesehatan.  

(Femi Olivia, Awet Muda Ala Korea)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact