Mengatasi Balita Sulit BAB - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Mengatasi Balita Sulit BAB

Mengatasi Balita Sulit BAB

Mengatasi Balita Sulit BAB  

Untuk mencegah atau mengatasi sulit BAB pada bayi, ada beberapa langkah yang dapat ditempuh, antara lain sebagai berikut:  

✓ Bayi yang berumur 0-6 bulan sebaiknya hanya diberikan ASI. ASI sangat jarang menyebabkan konstipasi karena zat yang dikandung ASI lebih mudah dicerna. Selain itu, bayi yang mendapatkan ASI mempunyai beberapa jenis bakteri di usus besarnya yang membantu mengurai protein susu yang sulit dicerna. Bayi yang mendapatkan ASI juga mempunyai kadar hormon motilin (hormon yang membantu pergerakan usus) lebih tinggi.  

✓ Untuk bayi yang berumur di atas 6 bulan, berikan dan buah-buahan. Serat yang dikandung bahan tersebut membantu melunakkan dan memperlancar buang air besar. Makanan tersebut dapat disajikan dalam bentuk jus, sayur seperti jus buah pir atau apel (mengandung sorbitol), atau jus pepaya. Untuk sementara waktu, hindari pemberian pisang atau wortel.  

✓ Jika bayi mendapat susu formula, periksa kembali takaran pengencerannya dan zat yang dikandungnya. Jika perlu, ganti dengan susu merek lain yang lebih cocok.  

✓ Pijat perut bayi dengan perlahan, boleh menggunakan baby oil. Pijatan dimulai dari pusat ke arah luar, dengan gerakan melingkar searah jarum jam.  

✓ Baringkan bayi, kemudian gerakkan kakinya dengan gerakan mengayuh sepeda.  

✓ Mandikan bayi dengan air hangat agar bayi lebih rileks sehingga tinja lebih mudah keluar.  

✓ Apabila bayi terlihat nyeri pada anus saat BAB, dapat diberikan obat pencahar atau vaselin di anus.  

Selamat mencoba! Jika lancar BAB, bayi senang, bunda pun tenang.

(Teguh Susanto, Cara Cerdas Memilih Obat untuk Anak)  

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact