Kenali Gejala Stroke Sejak Dini - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Kenali Gejala Stroke Sejak Dini

Kenali Gejala Stroke Sejak Dini


Kenali Gejala Stroke Sejak Dini

Yang berisiko stroke perlu melakukan MRI (magnetic resonance imaging) otak untuk melihat apakah sudah terjadi kematian sel otak. Jika ditemukan sudah ada daerah otak yang rusak atau mati, dapat dilakukan upaya pencegahan. Adakalanya, kendati belum muncul gejala stroke, sudah muncul kelainan pada bagian otak tertentu yang hanya terbaca jika dilakukan MRI. 

Pada kasus silent stroke misalnya. Tak ada keluhan dan gejala, tetapi sudah ada bagian otak yang rusak atau mati. Atau dapat pula dideteksi dengan ultrasound imaging pada pembuluh darah carotid di sisi kiri dan kanan batang leher. Pembuluh darah ini yang paling sering tersumbat dan menjadi penyebab stroke sudah dimulai umur 40 tahun. Tindakan "menggelontor" pembuluh jika sudah ada "karat lemak" atherosclerosis (endarterectomy) dapat dilakukan. 

Waspada jika merasakan kesemutan separo tubuh, atau rasa lemah, rasa kebas, atau menjadi tidak terampil dalam menulis, menyisir rambut, memakai kancing baju, mengikat tali sepatu, tidur terganggu, nyeri kepala sesisi, mendadak penglihatan gelap atau buta sejenak, melihat rangkap, langkah jadi kaku dan gamang, tak terampil memasukkan sandal jepit. 

Kejadian stroke berkaitan dengan gangguan jantung juga. Maka, kesehatan jantung pada yang berisiko stroke perlu diperhatikan juga. Serangan stroke harus segera ditangani dalam 3 jam sejak serangan datang (golden standard). Lewat dari masa itu terbilang sudah terlambat. Selain itu pemberian pelarut bekuan darah rTPA (recombinant tissue plasminogen activator) lewat 3 jam tidak boleh diberikan lagi. Selama satu menit saja sel otak kehausan darah, hampir dua juta sel otak mati yang tak dapat dipulihkan kembali dan menyisa sebagai kelumpuhan dan kehilangan fungsi otak lain. 

Sekarang sedang dicari obat yang dapat melindungi sel saraf otak lekas rusak. Obat jantung golongan cardiac glycoside (neriifolin) masih diteliti khasiatnya dapat melindungi sel otak. Kendalikan semua faktor risiko: darah tinggi, berat badan berlebih, lemak darah tinggi, merokok, diabetes, kurang bergerak, ada riwayat keluarga dengan stroke. 

(Dr. Handrawan Nadesul, Jurus Sehat Tanpa Ongkos) 

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact