Kualitas Tidur Menentukan Kualitas Hidup - HARISEHAT.COM

Breaking

logo

Kualitas Tidur Menentukan Kualitas Hidup

Kualitas Tidur Menentukan Kualitas Hidup


Kualitas Tidur Menentukan Kualitas Hidup

TIDUR diatur oleh jam biologis (biological clock). Jadwal tidur bisa dibentuk sesuai kebiasaan. Tidur merestorasi badan, pikiran, dan vitalitas. Penting bagi hati melakukan proses detoxification selama tertidur. 

Gangguan tidur mensupresi imunitas, gangguan suasana hati, dan pencernaan. Tensi darah meninggi, kolesterol bisa meningkat. Yang kurang tidur lebih dari 7 jam, sel darah putih akan menurun, dan kekebalan tubuh berkurang. 

Bukan lamanya tidur yang menentukan kualitas tidur, melainkan lelap tidaknya tidur. Tidur lama, tetapi tidak lelap tidak lebih berkualitas dari tidur tidak lama, tetapi lelap. Selama tidur lelap tubuh memperoleh manfaat. 

Tidur bergelombang antara lelap dan tidak lelap. Ada fase tidur lelap REM (Rapid-eye-movement) dan fase tidur tidak lelap N-REM (Non-rapid eye-movement). Sepanjang tidur malam menempuh beberapa kali fase tidur lelap. Kualitas tidur ditentukan oleh seberapa banyak fase tidur lelap (REM) berlangsung. Pada fase tidur REM itulah mimpi berlangsung. 

Aturan emas antipenuaan tidur sedikitnya 8 jam sehari. Kurang tidur satu malam saja berpengaruh pada kondisi pembuluh darah jantung gangguan konsentrasi, dan lebih lekas menua. 

(Dr. Handrawan Nadesul, Jurus Sehat Tanpa Ongkos.)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact